riau24 RTRW tak Disahkan, Malah DPRD Riau Rencana Layangkan Gugatan | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Riau

RTRW tak Disahkan, Malah DPRD Riau Rencana Layangkan Gugatan

0
Berita Riau -  RTRW tak Disahkan, Malah DPRD Riau Rencana Layangkan Gugatan
 
Pekanbaru, Riau24.com - Setakat ini, perihal pengesahan SK RTRW Provinsi Riau belum dilaksanakan yang dianggap sangat merugikan daerah. DPRD Riau akan bersiap mengajukan gugatan. Yaitu pada 
Kementerian LHK.
 
"Belum bisa dilaksanakan, karena ini akan diajukan gugatan kepada Kementerian LHK tentang RTRW Provinsi Riau. Gugatan tersebut akan dilayangkan ke Mahkamah Agung (MA), Pengadilan Tata Usaha Negara dan Pengadilan Negeri," kata Suhardiman Amby.
 
Sekretaris Komisi A DPRD Riau ini mengatakan, yang digugat itu terkait SK 88, 314 dan 313 yang dikeluarkan kementerian terkait. Juga Undang-undang agraria, perpajakan dan perkebunan, itu akan diuji.
 
Khusus untuk MA, beberapa hari yang lalu Komisi A DPRD Riau sudah melakukan konsultasi ke MA. Hasilnya, wakil rakyat mempunyai ruang untuk menguji segala peraturan perundang-undangan dianggap berkaitan dengan kepentingan daerah. 
 
Lebih lanjut dikatakannya, Komisi A DPRD Riau sudah melakukan rapat dengan sejumlah pakar hukum yang ditunjuk terkait aturan-aturan hukum yang akan digunakan. Dalam hal RTRW Riau, pihaknya tetap berpatokan pada 2,7 juta hektar lahan untuk disahkan kementerian terkait. 
 
"Kita tetap pada 2,7 juta hektar seperti hasil kajian yang dilakukan oleh tim terpadu yang dibentuk Kementeriaan LHK sendiri. Kalau yang sekarang itu, masih banyak kepentingan daerah yang tidak diakomodir," ungkapnya. 
 
Untuk diketahui, sebelumnya ada diberitakan rencana gugatan ini. Seperti disampaikan Asri Auzar, anggota DPRD Riau dari Partai Demokrat. Sekretaris Komisi D DPRD Riau ini pun menanyakan kesiapanya Pemprov Riau untuk melakukan hal yang sama. 
 
"Saya pernah tanya ke Pemprov kemaren, sanggup nggak kalian menggugat, kalau nggak berani atau sanggup. Pemprov ini agar minggir, biar saya yang PTUN-kan SK RTRW itu," ungkap Asri Auzar.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru