riau24 Kuansing Dipekakkan Oleh Bunyi Mercon, Aparat Diminta Untuk Awasi Peredarannya | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Kuantan Singingi

Kuansing Dipekakkan Oleh Bunyi Mercon, Aparat Diminta Untuk Awasi Peredarannya

0
Berita Riau -  Kuansing Dipekakkan Oleh Bunyi Mercon, Aparat Diminta Untuk Awasi Peredarannya
Kuansing, Riau24.com - Memasuki H minus tiga Idul Fitri 1437 Hijriah, penjual mercon maupun petasan di Kabupaten Kuantan Singingi semakin ramai dan bahkan seakan tidak terkendali.

Sebab jika dilihat sepanjang jalan dari Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah sampai ke Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik dan Lubuk Ambacang Kecamatan Hulu Kuantan, maka sangat terlihat dengan jelas sekali para penjual mercon maupun petasan bertebaran.

Kondisi seperti ini tentu saja meresahkan warga, karena bunyi-bunyian tersebut mengganggu ketenangan dan ketentraman warga. Apalagi jika ada warga yang sedang sakit maupun  sedang melakukan shalat, tiba-tiba saja bunyi mercon memekakkan telinga.

"Saat kita shalat maupun sedang sakit, tiba-tiba bunyi mercon meledak, rasanya memang tidak punya kemanusiaan orang yang membuntikan mercon tersebut," ungkap Iyan.

Sementara Maulid Chandra (46) berpandangan aparat keamanan baik pihak kepolisian maupun Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuantan Singingi, diminta untuk mengawasi penggunaan petasan atau mercon.

Sebab, saat ini penjualan petasan di Kuansing sangat marak, dan seakan tidak terkendali  sehingga meresahkan masyarakat setempat.

Menurutnya, momen tepat menertibkan penggunaan petasan atau mercon,sebenarnya jauh sebelum bulan puasa kemarin, namun sampai saat ini benda berbahaya dan memekakkan telinga, ternyata dibiarkan bebas. Akibatnya suara petasan mulai terdengar meski puasa tinggal tiga hari lagi.

"Jika mercon dan petasan di jual bebas, pertanda aparat tidak mampu menertibkan penjualan petasan. Sebab, akibat maraknya suara petasan bukan hanya menganggu aktivitas umat Islam dalam beribadah, tapi tak jarang membahayakan masyarakat luas," paparnya.

Makanya, sangat berharap  aparat harus mampu menertibkan para pedagang mercun dan petasan, kenapa di daerah lain bisa ditertibkan dan di Kuansing tidak bisa, dan sangat berharap agar aparat harus melakukan tindakan tegas ke lapangan.


R24/dev/zar
Berita Riau
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru