riau24 Pemprov Riau Siap Untuk Embarkasi Antara Tahun 2016 Ini | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Pekanbaru

Pemprov Riau Siap Untuk Embarkasi Antara Tahun 2016 Ini

0
Berita Riau -  Pemprov Riau Siap Untuk Embarkasi Antara Tahun 2016 Ini

Pekanbaru, Riau24.com- Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan tahun 2016 ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sudah siap untuk embarkasi antara bagi jamaah haji sebelum menuju ke embarkasi full tahun 2017 mendatang.


"Sebelum embarkasi full, tahapannya kita harus melalui embarkasi antara dulu. Untuk embarkasi antara pun tentu harus dibicarakan dengan pihak terkait seperti Angkasa Pura dan airlines. Yang jelas, kalau dari sisi pemerintah, untuk embarkasi antara tahun ini kita sudah siap," ujar Gubri yang kerap disapa Andi Rachman ini.


Nantinya, sambung Andi, kalau di Riau sudah ada embarkasi antara, berarti jamaah tidak perlu lagi menginap di Batam. "Jadi jamaah bisa berangkat secepat mungkin dari Pekanbaru dalam jumlah yang besar. Sehingga begitu sampau di Batam, bisa langsung pindah ke pesawat yang lebih besar," imbuhnya.


Pemindahan jamaah ke pesawat yang lebih besar di Batam itu menurut Andi karena di Riau, masih memiliki pesawat berukuran kecil yang tidak dapat menampung jamaah asal Riau yabg bisa mencapai 300 hingga 40 gelombang.


"Untuk jumlah sebanyak itu kita perlu 2 pesawat atau lebih untuk sekali keberangkatan ke Batam," sebut Andi.


Sementara itu, untuk menuju embarkasi full, Andi menjelaskan bahwa Riau harus memiliki lahan, pesawat yang lebih besar dan ketebalan aspal yang mencukupi.


"Kalau kita embarkasi full, tentu kita perlu runway yang panjang. Sekarang ini runway kita yabg berfungsi ini kan 2240 meter. Yang 2600 meter sebetulnya sudah selesai tapi kan masih ada yang kurang seperti pemindahan lampu dan tempat putar pesawatnya, itu yang akan disesuaikan lagi," ungkapnya.


Selanjutnya mengenai lahan, Pemprov Riau sudah menyiapkan 5,2 hektar lahan di daerah Labersa. Lahan tersebut dikatakan Andi telah dilihat langsung oleh Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin beberapa waktu lalu.


"Yang menganggarkan ini nanti juga dari Kementerian Agama," pungkasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru