riau24 Di Kampung Ini, Perayaan Idul Fitri Baru Dilakukan Esok Hari | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Nasional

Di Kampung Ini, Perayaan Idul Fitri Baru Dilakukan Esok Hari

1
Jamaah Aboge Latihan Untuk Siapkan Diri di Malam Takbiran
Berita Riau -  Di Kampung Ini, Perayaan Idul Fitri Baru Dilakukan Esok Hari
Jakarta, Riau24.com - Masyarakat muslim di Indonesia pada umumnya sudah merayakan Lebaran pada tanggal 6/7/2016 yang lalu. Hal ini sesuai dengan ketetapan pemerintah.

Tapi ternyata tidak semua umat Muslim merayakan Lebaran pada hari Rabu yang lalu. Bagi warga di kampung ini mereka masih menjalankan puasa hingga hari ini. Jemaah Aboge di Desa/Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo ternyata memiliki tanggal sendiri untuk Lebaran.

Mereka sudah memastikan merayakan Idul Fitri pada Jumat lusa (8/7/2016). Penentuan tanggal itu sesuai dengan perhitungan Aboge. Kiai Mariye, sesepuh Aboge di Leces, mengungkapkan, tahun 1437 Hijriah bertepatan dengan tahun 1949 Jawa.

Dari perhitungan Aboge, tahun masuk Jim Awal Jumat Pon (Jimatpon) 1 Ramadan yang dihitung dengan rumus (don-nem-ro) jatuh pada Rebo Wage (Rabu Wage) 6 Juli 2016. Sedangkan Syawal (wal-ji-ro) jatuh pada Jumat Wage, 8 Juli 2016.

“Warga tidak usah khawatir meski beda dengan pemerintah,” ucap Mariye. “Saya juga tak memaksakan anak untuk mengikuti Aboge. Mereka bebas untuk memilih,” lanjutnya.

Saat ini tak ada persiapan yang mewah menjelang Lebaran. Semua dilakukan sewajarnya saja.

 

R24/dev
Berita Riau

 

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 13:06 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru