riau24 Hari Ini, Jemaah Aboge Merayakan Idul Fitri | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Nasional

Hari Ini, Jemaah Aboge Merayakan Idul Fitri

1
Berita Riau -  Hari Ini, Jemaah Aboge Merayakan Idul Fitri
Jakarta, Riau24.com - Ratusan penganut Islam Alif Rebo Wage (Aboge) di Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat (8/7) melaksanakan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1437 Hijriyah.

Salat Idul Fitri tersebut dilaksanakan di Masjid Baitussalam, yang biasa dikenal dengan sebutan Masjid Saka Tunggal, di Dusun Cikakak I, Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Banyumas. Shalat Id dipimpin oleh imam sekaligus khatib Kiai Sulam.

Setelah selesai, seluruh jamaah keluar untuk melanjutkan silaturahim dengan jamaah lainnya yang melaksanakan Salat Idul Fitri di halaman masjid. Mereka juga bersilaturahim dengan warga lainnya yang telah berlebaran lebih dulu.

Mereka tampak saling bersalam-salaman sambil berjalan mengelilingi halaman dan bangunan masjid. Selama prosesi silaturahim tersebut berlangsung, tidak sedikit kawanan kera berekor panjang penghuni hutan di sekitar masjid tampak berkeliaran di antara kerumunan warga.

Kendati demikian, warga tidak terganggu oleh aktivitas kera-kera berekor panjang itu. Prosesi silaturahmi tersebut diakhiri dengan kenduri yang digelar di dalam masjid sebagai wujud syukur kepada Allah SWT atas karunia yang telah diberikan selama ini.

Kalender yang dipakai penganut Islam Aboge konon telah digunakan para wali sejak abad ke-14 dan disebarluaskan oleh ulama Raden Rasid Sayid Kuning dari Pajang.

Penganut Islam Aboge meyakini tahun 1437 Hijriyah merupakan tahun Jim Awal. Karena tanggal 1 Muharam jatuh pada hari Jumat dengan hari pasaran Pon atau sesuai dengan rumusan Jimatpon. Hari Jumat dan pasaran Pon itu selanjutnya menjadi patokan atau hari pertama dan pasaran pertama pada tahun Jim Awal.


R24/dev
Berita Riau
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 13:09 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru