riau24 Garap Seni dan Budaya Kuansing | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Kuantan Singingi

Garap Seni dan Budaya Kuansing

0
Berita Riau -  Garap Seni dan Budaya Kuansing

Kuansing, Riau24.com - Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si menyebutkan bahwa tradisi budaya Perahu Baghanduang yang di miliki oleh masyarakat Kenegerian Lubuk Jambi kecamatan Kuantan Mudik, merupakan tradisi budaya leluhur yang berusia ratusan tahun lalu.

Oleh karena itu, mari lestarikan khasanah budaya perahu baghanduang yang di miliki oleh masyarakat Kenegerian Lubuk Jambi, agar dapat menjadi event wisata baik tingkat provinsi Riau maupun nasional.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kuantan Singingi, Drs. H. Mursini, M.Si saat membuka Festival Perahu Baghanduang yangd iikuti sebanyak 14 buah perahu baghanduang se Kenegerian Lubuk Jambi Kecamatan Kuantan Mudik, di arena perahu baghanduang desa banjar padang.

Turut hadir pada pembukaan festival perahu baghanduang Wakil bupati H. Halim, Dandim 0302 Inhu/Kuansing, Letkol Inf Mujibburrahman Hadi SE, Kapolres Kuansing, AKBP Dasuki Herlambang, SIK. MH, Wakil Ketua DPRD, Sardiyono, AMd, Sekda, Drs. H. Muharman, M.Pd, para Asisten, Kepala Dinas, kepala badan, Kepala bagian dan sejumlah pejabat lainnya dilingkungan Pemda Kuansing.

Menurutnya, kegiatan yang sudah menjadi budaya sejak leluhur zaman dahulu kala masyarakat setempat, sudah menjadi rutinitas tahunan di kenegerian Lubuk Jambi yang dikenal dengan Kenegerian Gajah Tunggal Lubuk Jambi.

Ditambahkannya, masyarakat Kuantan Mudik khususnya dan Kuantan Singingi pada umumnya, harus mampu menggarap seni dan budaya yang dimiliki saat ini, karena dapat bermanfaat bagi generasi muda masa mendatang.

“Saya mengajak insan seni di Kuansing, untuk dapat menggali senibudaya yang ada, mari bersama-sama kita gali/ garap aset-aset seni budaya yang ada di negeri kita, karena merupakan aseet kekayaan Kuansing, " Paparnya.

Bahkan Bupati sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan budaya Festival Parahu Baganduang, dengan Upacara Tradisional Manjopuik Limau. Karena tanpa bantuan dana dari Pemda dan hanya swadaya masyarakat, ternyata mampu di helat dengan baik, untuk itu kami bersama pak wabup H. Halim akan menganggarkan pada tahun 2017 mendatang, “ janjinya.

"Saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan Festival Perahu Baghanduang ini, karena tanpa bantuan dana dari Pemkab Kuansing dan hanya swadaya masyarakat. Untuk itu kami bersama pak wabup H. Halim akan menganggarkan dalam APBD Kuansing tahun 2017 nantinya, " tuturnya.

Bahkan Bupati juga meminta kepada Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan olahraga Kuansing, Marwan, S.Pd, MM untuk dapat memasukkan kegiatan Festival Perahu Baghanduang ke dalam APBD Kuansing tahun depan. 


R24/dev/zar 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru