riau24 Tim FERT PT RAPP Melakukan Pemadaman Karlahut ini Hingga Tidak Berasap | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pelalawan

Tim FERT PT RAPP Melakukan Pemadaman Karlahut ini Hingga Tidak Berasap

0
Berita Riau -  Tim FERT PT RAPP Melakukan Pemadaman Karlahut ini Hingga Tidak Berasap
 
Pelalawan, Riau24.com - Setakat ini, Tim FERT PT RAPP bersiaga untuk memadamkan api, diakibat Karlahut. Ini seiring diperpanjang dari status siaga darurat Provinsi Riau hingga tanggal 30 November 2016 mendatang.
 
"Sejak status siaga darurat sudah ditetapkan Pemprov Riau didalam hal Karlahut, dengan perpanjang hingganya tanggal 30 November 2016 mendatang. PT RAPP telah menyiagakan Tim FERT ini sejak 1 Juli 2016 lalu," ujar Koordinator tim FERT, Basar Pandiangan.
 
Hal ini disampaikanya saat latihan Teknik Naluri Memadamkan Api diikuti 12 orang leader Tim FERT dari seluruh estate RAPP. Bahkan dikatakanya, dimana tim yang kini berpakaian seragam merah, tentu dengan siap siaga melakukan hal pemadaman. Baik halnya wilayah konsesi perusahaan, maupun di sekitarnya. 
 
"Hal tersebut, merupa komitmen dari PT RAPP didalam mencegah terjadinya Karhutla Provinsi Riau. Tidak hanya itu, tim FERT ini juga melakukan patroli dan memantau titik api di wilayah konsesi darinya milik perusahaan dan sekitarnya," kata Basar Pandiangan.
 
Kemudian, Basar mengatakan pelatihan naluri memadamkan api ini merupakan persiapan pemadaman di lapangan jika terjadi kebakaran di lahan. Dalam pelatihan ini,12 orang itu dibagi menjadi tiga tim dan berkompetisi untuk memadamkan api dengan cepat hingga api benar-benar padam dan tidak berasap. 
 
"Pelatihan ini kami lakukan dengan cara kompetisi, mereka dituntut untuk bisa memadamkan api dan asap dengan cepat. Alat yang dipakai adalah mark-3 dan 20 roll selang. Dari tiga tim, tim 3 yang berhasil memadamkan api selama 5 menit 21 detik,” ujarnya.
 
Sementara itu Fire and Aviation Manager RAPP, Yuneldi berkata, pelatihan dilakukan untuk halnya menciptakan naluri memadamkan api sehingga tim pemadam siap kapan saja untuk memadamkan api. Pihaknya terus melakukan patroli, baik darat maupun udara serta melakukan pemantauan melalui radio.
 
"Selain itu, koordinasi juga tidak lupa dilakukannya dengan pihak-pihak terkait seperti pemerintah, TNI/POLRI, Babinsa, masyarakat setempat. Pelatihan ini dilakukan untuk mengasah naluri daripada tim pemadam, sehingga diketika memadamkan api, mereka sudah siap siaga," katanya.
 
Untuk saat ini, katanya, diwilayah konsesi RAPP masih relatif aman terkendali dari api. Walau begitu, tim tetap siaga di wilayah masing-masing. "Baru-baru ini kami juga melakukan koordinasi dengan melakukan pematauan titik api dari udara bersama Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo, kabag Ops Polres Pelalawan, Kompol Edwin dan Kasatlantas Polres Pelalawan AKP Rahmad C Yusuf,” katanya.
 
Yuneldi menambahkan, pihaknya juga membantu pemadaman api di lahan sawit di SP 7 Pangkalan Kerinci. Pada prinsipnya, tim akan siap membantu pemadaman jika memang dibutuhkan. Saat ini tim masih melakukan pemadamanya. Dan kabar terakhir, sekarang api sudah mulai padam.
 
Sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya Karlahut di Provinsi Riau sekaligus ini bentuk komitmen kepedulian perusahaan dengan lingkungan. RAPP sudah melakukan ini sosialisasi Program Fire Awareness Community (FAC) atau masyarakat siaga api. 
 
Program ini, katanya, merupakan terobosan RAPP. Dimana adanya program Desa Bebas Api didalam mencegah terjadi Karlahut. Tentu diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan dari bahaya membakar lahan apalagi hutan. "Ini sejalan akan instruksi Presiden untuk mewujudkan Zero Fire Karlahut," katanya.
 
R24/rul/rls
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru