riau24 Soal Hak Angket Terkait Eskalasi, M Adil ini Sesalkan Pernyataanya Pimpinan DPRD Riau | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Riau

Soal Hak Angket Terkait Eskalasi, M Adil ini Sesalkan Pernyataanya Pimpinan DPRD Riau

0
Berita Riau -  Soal Hak Angket Terkait Eskalasi, M Adil ini Sesalkan Pernyataanya Pimpinan DPRD Riau
 
Pekanbaru, Riau24.com - Seiring ada pernyataan Pimpinan DPRD Riau, yang mempertanyakan hal keseriusanya pihak pengusul hak angket atas kebijakkan Pemprov yang membayarkan eskalasi. Ini, ditanggapi dengan sedikit emosi oleh M Adil.
 
Diketahu, M Adil ini salah seorang yang sebanyak 16 orang anggota DPRD Riau pengusul hak angket. Dimana selalu getol supaya cepat disusun jadwal untuk melanjutkan pengajuanya hak angket di dalam Rapat Paripurna. "Pimpinan tidak semestinya menghalangi dijadwal pengajuan hak angket," ujarnya.
 
Anggota Komisi E DPRD Riau ini, mengatakan, tidak ada alasan itu pimpinan untuk tidak melanjutkan hak angket tersebut ke Paripurna DPRD Riau. Seperti, dalam rapat Banmus yang ditaja baru-baru ini, dimana terkesan pimpinan malah menghalang-halangi dimasukkan hak angket pada jadwal Banmus. 
 
"Memang waktu ada pimpinan di DPRD Riau ini yang terkesannya menghalang-halangi dimasukkan pengusulan hak angket di jadwal Banmus bulan Juli 2016. Karena, tugas Banmus hanya menjadwal, bukan membahas isi materi akan persoalan. Bahkan bukan qorum pengusul hak angket," katanya.   
 
Karena sebut Politisi Hanura dari Dapil 5 ini, kalau soal qorum atau tidaknya tim pengusul hak angket itu. Sangat jelas semua tidak ada keterkaitanya. Sebab, dalam Tatib DPRD itu Banmus menjadwalkan kegiatan. Bukanlah membahas isi materi dari suatu persoalan. Yang bertugas hal itu alat kelengkapan.
 
Dalam hal ini sambungnya, pihak Pimpinan DPRD Riau itu memang terkesan sengaja memperlambat hak angket ini untuk dilanjutkan di Rapat Paripurna. "Saya disini ada melihat ketakutan pimpinan untuk hak angket diparipurnakan. Maka sikap pimpinan demikian memang patut dipertanyakan," ujar M Adil.
 
Kesempatan itu M Adil, menyebut bahwasa saat sekarang memang ada kesannya menggagalkan hak angket tersebut untuk dibacakan di Rapat Paripurna DPRD. Hal ini, memang ada sebagian pengagas hak angket tersebut mundur. Tapi perlu diketahui, dari ketentuannya paling minimal 10 anggota DPRD.
 
Sebagaimana diketahu, beberapa hari lalu, Banmus DPRD Riau ada melakukan rapat. Dimana, ketika itu rapat di pimpin oleh Manahara Manurung. Diketika itu, Manahara mempertanyakan keseriusan dari 16 anggota DPRD Riau ini selaku tim pengusul hak angket. Karena kehadiran pengusul tidak qorum.
 
Sebab sebagaimana diketahui itu, Rapat Banmus tersebut ada poin salah satu agenda mendengarkan kesiapan tim pengusul hak angket dari DPRD Riau yang kemudian di paripurnakan. "Berhubung, hanya empat dari 16 tim pengusul, yang hadir. Makanya, agenda tersebut terpaksa diundur," ujar Manahara.
 
Penegasan ini disampaikan Wakil Ketua DPRD Riau, Kamis kepada wartawan. Dikatakannya, saat itu hanya empat anggota penggagas hak angket hadir. Makanya harus terpaksa diundur. Nantinya untuk mendengarkan kesiapanya pihak tim pengusul tersebut. Tapi Politisi PDI-P ini, belum pastikan jadwal.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru