riau24 Tangkap Ikan dengan Sentrum dan Racun Akan Diserahkan ke Polisi | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Rokan Hulu

Tangkap Ikan dengan Sentrum dan Racun Akan Diserahkan ke Polisi

0
Berita Riau -  Tangkap Ikan dengan Sentrum dan Racun Akan Diserahkan ke Polisi

Rohul, Riau24.com - ‎ Kepala desa Kepenuhan Timur, Azhar‎ mengungkapkan, penangkapan ikan menggunkan cara berbahaya seperti meracun dan menyentrum, akan berurusan di kantor polisi. Hal tersebut sudah sesuai dengan kesepakatan dan intruksi dari pemerintah.

"Kita sudah terapkan pada 2014 lalu, bagi siapa saja yang menangkap ikan menggunakan cara menyentrum dan meracun, kita akan serahkan ke kantor polisi. Bisa saja berakhir dibalik jeruji," katanya, Jum'at (15/7).

Ia menambahakan, ‎dua cara berbahaya tersebut dilarang karna akan mengancam keberlangsungan ekosistem dari habitat ikan di kepenuhan ini, terlebih di kepenuhan merupakan penghasil ikan air tawar yang besar.

Dilanjutkanya, sentrum dan merancun dalam menperoleh ikan, dapat menghabiskan bibit-bibit ikan yang baru berkembang, dalam artian ‎dengan cara menyentrum dan meracun semua habitat yang ada di dalam air akan ikut mati.

Terlebih lagi, masyarakat kepenuhan timur saat ini, masih banyak yang bargantung dengan hasil alam perairan yakni ikan. Untuk itulah pihaknya tidak akan memperbolehkan pengambilan ikan dengan cara meracun dan menyentrum.

Azhar menjelaskan, untuk mengantisipasi pengambilan ikan dengan cara meracun dan menyentrum. Pihaknya akan terus melakukan patroli dengan melibatkan seluruh elemnt yang ada, termasuk melibatkan pihak kepolisian.

"Pihak desa tidak akan bisa membantu, ‎jika ada yang terlibat dalam meracun dan menyentrum," pungkasnya.

Sebelumnya, Camat Kepenuhan Recko rendra menjelaskan, ‎untuk melestarikan peninggalan orang terdahulu, pihaknya meminta kepada masyarakat baik yang memancing jika menemukan masyarakat mengambil ikan dengan cara meracun segera laporkannya kepada pihak yang berwajib (polisi).

"Dengan dilaporkan ke polisi, para peracun ikan bisa dipidanakan atau mendapat hukuman sesuai perbuatannya, selain itu untuk memberi efek jera bagi warga yang sengaja meracuni ikan," imbuhnya.


R24/dev/ags
Berita Riau 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru