riau24 Kadisbun Riau: Perkebunan Sawit di Provinsi Riau Masih Terluas se - Indonesia | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Riau

Kadisbun Riau: Perkebunan Sawit di Provinsi Riau Masih Terluas se - Indonesia

0
Berita Riau -  Kadisbun Riau: Perkebunan Sawit di Provinsi Riau Masih Terluas se - Indonesia
 
Pekanbaru, Riau24.com - Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Riau, Muhibul Basyar menegaskan, dari sebelumnya sudah diketahui luas lahan perkebunan sawit mencapai 2,3 juta hektar. Saat sekarang ini, secara nasional menempati posisi teratas se - Indonesia.
 
"Secara nasional, dari luas lahan perkebunan sawit di Provinsi Riau ini. Dengan luasannya, mencapai 2,3 juta hektar itu, hingga disaat sekarang masih berada peringkat pertama se - Indonesia. Disebab,  seluasan itu, sekitaran 25 persen dari total luas perkebunan kelapa sawit Indonesia," ujarnya.
 
Dikatakanya, dari luasan 2,3 juta hektare perkebunan sawit di Riau itu, maka produksi CPO Provinsi Riau tercatat sebesar 7.045.632 ton dan serta Pabrik Kerjasama Operasional (PKO) ada tercatat 1.761.408 ton. Maka, dengan itu besar peluang pengembanganya industri hilir di provinsi ini. 
 
"Besar areal perkebunan sawit di provinsi kaya minyak itu, tentu ini mengindikasi pula akan besarnya peluang pengembangan industri hilir kelapa sawit di Riau. Peluang tersebut makin terbuka, jika CPO yang dihasilkan dari pabrik kelapa sawit dapat diolah menjadi produk turunannya," ujar Muhibul.
 
Dengan demikian, sebut Muhibul, nantinya akan meningkatkan nilai tambah pendapatan. Hal ini, bisa sejalan dengan target utama dari Kementerian Pertanian RI. Yakni pengembangan program didalam peningkatannya nilai tambah dan juga daya saing ekspor. Disebab produk sawit Riau di ekspor.
 
"Produk sawit Riau ini sebahagian di ekspor. Yaitu bentuk CPO yang sekitar 76 persen, dan potensi ini sekaligus bisa mendukung upaya pengembangan industri hilir. Dan bahwa kebijakan pengembangan sawit di Riau juga sejalan dengan Perpres No 32 tahun 2011. Maka perlu diperhatikan," ujarnya.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru