riau24 Walikota Bandung Hibahkan Aplikasi Smart City ke Pemko Pekanbaru | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pekanbaru

Walikota Bandung Hibahkan Aplikasi Smart City ke Pemko Pekanbaru

0
Berita Riau -  Walikota Bandung Hibahkan Aplikasi Smart City ke Pemko Pekanbaru

Pekanbaru, Riau24.com- Walikota Bandung, Ridwan Kamil melalui komunikasi langsung lwat video conference menyampaikan kepala Walikota Pekanbaru, Firdaus bahwa pihaknya akan menghibahkan aplikasi pendukung Smart City untuk Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.


Dari 400 aplikasi Smart City yang sudah diterapkan di Bandung, Pemko Pekanbaru bebas memilih aplikasi apa yang paling cocok diterapkan di Pekanbaru.


"Kami mendukung penerapan Smart City di Pekanbaru. Kami siap menghibahkan aplikasi yang ada di Bandung untuk dipakai di Pekanbaru. Bandung memiliki 400-an aplikasi penunjang, Pekanbaru tinggal memilih," ujar Ridwan Kamil.


Selain Smart City, Pemko Pekanbaru juga membahas kerjasama dengan Pemko Bandung untuk memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang ada di Pekanbaru.


Serupa dengan dukungan terhadap Smart City, Ridwan Kamil juga menyampaikan komitmennya untuk mendukung berkembangnya UMKM di Pekanbaru.


"Pemko Bandung siap memberikan pembinaan terhadap UMKM di Pekanbaru dengan cara mengirimkan anak muda dari Bandung untuk memberikan pelatihan kepada pelaku usaha di Pekanbaru," ungkapnya.


Ridwan juga mengatakan, selain memberi pembinaan, pihaknya juga akan melakukan pendampingan terhadap UMKM di Pekanbaru dalam hal pemasaran hingga ke luar negeri.


"Nanti hasilnya akan kami bantu memasarkan sampai ke luar negeri," janji Ridwan.


Sementara itu, Firdaus menyambut baik terjalinnya kesepakatan ini dengan menjelaskan Pekanbaru juga sudah sejak lama menerapkan Smart City. Bisa dilihat  dengan enam indikator yakni smart government, smart society, smart living, smart economy, smart environment dan smart mobility.


"Ini akan sangat baik bagi perkembangan Kota Pekanbaru," tutur Firdaus.


Saat ini, lanjut Firdaus, penerapan konsep smart city dalam program yang dijalankan Pemko Pekanbaru sudah dapat dilihat dalam program Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Rukun Warga (PMB-RW). Pada program ini, sudah terbentuk database masyarakat Kota Pekanbaru hingga ke tingkat RW. Dari RW, database akan dikumpulkan di tingkat kelurahan, kecamatan hingga pada tingkat kota yang bisa diakses Wako melalui telepon pintar (smart phone).


Di tahun 2016, Kota Pekanbaru juga sudah menetapkan Kecamatan Rumbai sebagai pilot project penerapan program smart city. Nantinya Kecamatan Rumbai akan membangun sistem link terhadap semua data kependudukan, mulai dari tingkat RT/RW hingga ke Kecamatan. Rumbai dipilih karena memiliki sajian data kependudukan yang paling baik.


Selain itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemko Pekanbaru, Rizal menyebutkan realisasi kerjasama antara Pemko Pekanbaru dan Pemko Bandung ini akan dikonkritkan dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU).


"Itu semua akan dibicarakan lebih detail saat pelaksanaan pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) di Jambi bulan ini," tutup Rizal.


R24/uci
Berita Riau 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru