riau24 Hari Pertama Sekolah, Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Hari Pertama Sekolah, Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua

3
Berita Riau -  Hari Pertama Sekolah, Ini Yang Harus Dilakukan Orang Tua
Jakarta, Riau24.com- Hari ini merupakan hari pertama masuk sekolah di tahun ajaran baru 2016/2017. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sekali lagi mengimbau agar orang tua murid mengantar putra-putrinya ke sekolah dan berinteraksi dengan guru dan wali kelas.
 
"Kami imbau agar orang tua antar anak-anaknya ke sekolah di hari pertama ini. Namun makna antar itu bukan antar sampai gerbang pintu sekolah tapi sampai bertemu guru dan perangkat sekolah lainnya. Jadi itu agar mereka berkomunikasi dan berinteraksi ndengan guru dan kepsek (kepala sekolah), termasuk dengan wali kelasnya," ungkap Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad.
 
Dijelaskan Hamid, hal ini menjadi penting karena menjadi momentum antara orang tua dan guru untuk saling bekerja sama dalam mendidik seorang anak. Interaksi yang baik antara orang tua dan pihak sekolah, kata Hamid, bisa mencegah adanya perilaku yang tidak diinginkan kepada anak.
 
"Yang kemudian paling penting lainnya adalah mereka memiliki komitmen bersama untuk mendidik anak-anaknya dengan baik, baik di sekolah maupun di rumah. Dengan kolaborasi antara orang tua dan guru sehingga anak-anak bisa belajar dengan baik sehingga anak bisa mencapai prestasi yang optimal," ujarnya.
 
Hamid menambahkan, sepertiga waktu anak dihabiskan di sekolah. Oleh karena itu, kata Hamid, sebisa mungkin sekolah harus bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman bagi mereka.
 
Untuk para orang tua, Hamid menjelaskan ada beberapa hal yang sangat baik dilakukan saat mengantar anaknya ke sekolah. Beberapa hal tersebut antara lain, menceritakan kondisi dan karakter anak saat di rumah, bertanya dan memberikan masukan mengenai pembelajaran satu tahun ke depan serta menawarkan bantuan untuk terlibat dalam kegiatan penunjang pembelajaran.
 
"Satu hal yang penting lainnya untuk dilakukan di hari pertama sekolah adalah bertukar kontak dengan guru dan pihak sekolah. Satu hal lagi, agar para orang tua murid saling berkenalan satu dengan lainnya," kata Hamid.
 
Sebelumnya Mendikbud Anies Baswedan menjelaskan, gerakan mengantar anak ke sekolah di hari pertama merupakan cara orang tua dan pihak sekolah untuk saling membangun komunikasi. Dengan begitu, kata Anies, orang tua pun dapat sepenuhnya mempercayakan sang anak saat belajar di lingkungan sekolah.
 
"Jadi bukan melepas di gerbang. Tapi kita ingin mereka interaksi dengan guru, kepala sekolah, wali kelas," ujar Anies di Kantor Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat.
 
 
 
R24/adi/det
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Hatta
Senin, 18 Juli 2016 07:49 wib
doa kmaiborang tua selalu nenyertai kalian nak
Kasne
Senin, 18 Juli 2016 07:48 wib
orang tua dn guru harus bersinergi, bkan lapor polisi
Asla
Senin, 18 Juli 2016 07:48 wib
selamat buat adik adik yg baru masuk SD, smga pintarvnak
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru