riau24 Bumi Terancam Bahaya Akibat Retakan Raksasa Yang Terlihat Di Matahari | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Teknologi

Bumi Terancam Bahaya Akibat Retakan Raksasa Yang Terlihat Di Matahari

0
Berita Riau -  Bumi Terancam Bahaya Akibat Retakan Raksasa Yang Terlihat Di Matahari

Jakarta, Riau24.com - Ada kabar mengejutkan yang didapat oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA). NASA menemukan “retakan” berukuran raksasa pada permukaan matahari, bahkan retakan tersebut diyakini bisa semakin besar dengan bentangan jutaan mil.

Area gelap ini terpantau oleh Solar Dynamics Observatory (SDO) NASA yang memonitor Matahari sejak 2010. Satelit itu menangkap “retakan” yang terus membesar di wilayah utara Matahari. Lubang tersebut merupakan gap dari medan magnet, yang membuat panas di permukaan Matahari dengan suhu sekitar 5.500 derajat Celcius, terlontar ke luar angkasa.

Fenomena ini dikenal dengan nama lubang korona atau bintik hitam matahari. Tapi kali ini ukurannya jauh lebih besar dari biasanya dan bisa semakin membesar hingga seperempat permukaan Matahari.

Bintik hitam tersebut terlihat lebih gelap, sebab wilayah itu memiliki suhu yang lebih rendah dari daerah lain di permukaan Matahari. Bintik hitam itu juga memiliki gas dan energi yang lebih rendah.

Kemunculan bintik hitam Matahari ini bisa mengganggu satelit dan radio komunikasi di Bumi karena lontaran Coronal Mass Ejection (CME).



R24/dev
Berita Riau 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru