riau24 Wabup Rohul: Ninik Mamak Harus Pro Aktif | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Rokan Hulu

Wabup Rohul: Ninik Mamak Harus Pro Aktif

2
Berita Riau -  Wabup Rohul: Ninik Mamak Harus Pro Aktif
Rohul, Riau24.com - Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman, menghadiri acara silaturahmi ninik mamak dengan anak kemenakan yang diselenggarakan oleh Lembaga Kerapatan Adat (LKA) kecamatan Ujungbatu, di lapangan LKAUjungbatu, Minggu (17/7/16).
 
Dalam sambutanya H. Sukiman mengungkapkan, ninik mamak mempunyai peran bagi masyarakat dan daerah sekitarnya, pasalnya, tanpa adanya ninik mamak di suatu daerah, tentunya daerah tersebut tidak bertuan.
 
"Ninik mamak mempunyai peran penting, untuk itulah saya meminta kepada ninik mamak yang ada di Rohul harus pro aktif dengan fenomena yang ada di lingkunganya," katanya. 
 
Sukiman mengakui, daerah yang tidak didukung oleh ninik mamak, bisa dikatakan daerah tersebut akan sulit berkembang. Untuk itulah perlu adanya kerjasama dalam membangun daerah. 
 
Terlebih, di zaman teknologi saat ini, tentunya pengaruh negatif dari perkembangan zaman harus diantisipasi oleh ninik mamak terhadap, anak kemenakan. Peran dari ninik mamak, dalam menyelamatkan anak kemenakan dari pengaruh negatif perkembangan zaman.
 
"Kita harus berhati-hati dengan teknologi yang sudah semakin canggih dan hebat. Kalau kita tidak antisipasi bisa bisa, anak kemenakan ‎kita tidak akan mengerti lagi nilai-nilai adat yang sudah lama berdiri," ungkapnya. 
 
‎Sukiman meminta kepada ninik mamak untuk bisa memberikan kontribusi dalam nyata, dalam menbangun Rohul terlebih menyelamatkan anak kemenakan dari pengaruh negatif dari teknologi yang semakin maju. 
 
Dirinya juga berharap kepada ninik mamak yang ada di Rohul bisa mengedepankan toleransi, baik toleransi beragama maupun beradat. Karna dengan mengedepankan toleransi, dirinya yakin, Rohul akan semakin baik dan lebih baik lagi. 
 
"Saya yakin, dengan dukungan semua kalangan yang ada di Rohul, pemerintah akan bisa membangun ke arah yang lebih baik lagi," imbuhnya. 
 
Masih ditempat yang sama, Ketua LKA Ujungbatu H. A. Hakam Datuk bendaharo mamak soko suku melayu godang mengungkapkan, silaturahmi ninik mamak dan anak kemenakan ini merupakan acara mempererat persaudaraan antar sesama.
 
"Mungkin selama ini banyak terjadi tutur kata yang salah dan perbuatan. Untuk itulah kegiatan ini merupakan wadah untuk saling bermaaf-maafan," tuturnya. 
 
Pada kesempatan tersebut, dirinya memiminta kepada pihak pemerintah untuk bisa lebih memperhatikan kebudayaan yang ada di Rohul, serta fasilitas-fasilitasnya. Seperti gedung LKA ini, yang masih membutuhkan perbaikan dan tambahan.
 
"Semoga proposal yan‎g kami ajukan ke pihak pemerintah dan DPRD Rohul bisa diterima, sehingga pembangunan bisa dilakukan," pungkasnya. 
 
Pada kesempatan tersebut, turut hadir Ketua DPRD Rohul, Kelmi Amri, ninik mamak pengurus LKA Ujungbatu, wakil ketua dewan Hardi Candra, dan anggota DPRD dari Ujungbatu lainya. 
 
‎Di penghujung acara, wakil bupati bersama ketua DPRD tampak bersalam-salaman dengan ninik mamak dan masyarakat Ujungbatu.


R24/dev/ags
Berita Riau 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Intan
Senin, 18 Juli 2016 23:47 wib
Hmmm.. kasian
Ekenn
Senin, 18 Juli 2016 23:46 wib
Kau pikir sales.. ninik mamak tu pakdee
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru