riau24 CJH Dumai Ikut Bimbingan Manasik Haji, Acara Diresmikan Oleh Walikota | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Dumai

CJH Dumai Ikut Bimbingan Manasik Haji, Acara Diresmikan Oleh Walikota

0
CJH Dumai Ikut Bimbingan Manasik Haji, Acara Diresmikan Oleh Walikota
Berita Riau -  CJH Dumai Ikut Bimbingan Manasik Haji, Acara Diresmikan Oleh Walikota

Dumai, Riau24.com Calon Jamaah Haji (CJH) Kota Dumai mengikuti bimbingan Manasik Haji yang digelar oleh Kementrian Agama (Kemenag) Kota Dumai bertempat di gedung Sasana Mitra Komplek Perumahan PT. Pertamina RU II Dumai, Kecamatan Dumai Selatan. 

Sebanyak 214 Calon Jamaah Haji ikut dalam acara yang dimulai pada Senin (18/7) kemarin dan resmi di buka Walikota Dumai Drs Zulkifli As.

(Baca Juga : Kemenag Bagi Manasik Haji Kecamatan Menjadi 4 Zon)

Hadir sebagai Narasumber, Drs. H. M. Aziz dari Kementerian Agama Kanwil Provinsi Riau,  Drs. H. Darawi, MA Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai, Drs. H. Zakaria, MA Kasi Haji dan Umrah Kantor Kemenag Dumai dan narasumber lainnya.

"Jumlah calon jamaah haji yang mengikuti manasik haji sebanyak 214 orang terdiri dari laki-laki 90 orang dan perempuan 124 orang,” ungkap Kepala Kemenag Dumai Drs Darawi, kemarin.

Ia merincikan, calon jamaah haji dari Kecamatan Dumai Selatan 93 orang, Dumai Timur 30 orang, Dumai Barat 44 orang, Bukit Kapur 7 orang, Medang Kampai 5 orang, sungai sembilan 5 orang dan Kecamatan Dumai Kota 30 orang. Jadi totalnya sebanyak 214 orang.

Lanjut Darawi, manasik haji tingkat kecamatan ini dilaksanakan mulai tanggal 18 hingga 21 Juli 2016 dan akan dilanjutkan manasik haji tingkat kota pada 23 hingga 24 Juli 2016.

"Manasik haji dilaksanakan sesuai dengan UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang haji tujuannya  agar penyelenggaraan ibadah haji dapat berjalan lancar. Untuk itu calon jamaah haji wajib mengikuti kegiatan manasik haji,” ujar Darawi.

(Baca Juga : 4 JCH Batal Berangkat Haji) 

Ia menambahkan, narasumber yang dihadirkan untuk memberikan bimbingan kepada seluruh calon jamaah haji agar calon haji mendapatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan kemampuan dalam melaksanakan ibadah haji agar menjadi haji mandiri dan mabrur.

Sementara, saat membuka kegiatan Manasik Haji, Walikota menyambut baik dilaksanakannya kegiatan manasik haji agar calon haji siap melaksanakan ibadah haji dan tidak kebingunan selama berada ditanah suci.

"Atas nama Pemerintah Kota Dumai saya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan manasik haji sehingga seluruh calon jemaah haji siap melaksanakan ibadah haji dan tidak kebingunan selama berada ditanah suci,” kata Walikota.

Walikota berharap seluruh calon jamaah haji dapat mengikuti kegiatan manasik haji dengan seksama agar menjadi haji mandiri dan haji mabrur.

“ Seluruh calon haji agar mengikuti manasik haji dengan seksama agar menjadi haji mandiri dan haji mabrur,” imbuhnya.

Menurutnya, CJH jangan ragu untuk bertanya kepada instruktur atau narasumber yang dihadirkan kantor Kemenag Dumai apa yang belum kita pahami, agar kita mendapatkan pengetahuan, wawasan, keterampilan dan kemampuan, khususnya dalam melaksanakan ibadah haji dan agar dalam pelaksanaan ibadah haji di tanah suci calon haji tidak kesulitan dan mampu menjalankan apa yang menjadi syarat haji.

“Calon jamaah haji agar mempersiapkan mental, fisik dan spiritual. Dan yang terpenting yakni jaga Kesehatan, karena ibadah haji merupakan ibadah fisik. Semoga menjadi haji mandiri dan mabrur,” pesan Walikota kepada para calon jamaah haji.


R24/dev/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru