riau24 Pembangunan di Kuansing Menyebabkan Kontur Tanah Berubah | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kuantan Singingi

Pembangunan di Kuansing Menyebabkan Kontur Tanah Berubah

0
Pembangunan di Kuansing Menyebabkan Kontur Tanah Berubah
Berita Riau -  Pembangunan di Kuansing Menyebabkan Kontur Tanah Berubah

Kuansing, Riau24.com - Kondisi dan tekstur tanah akhir-akhir ini kurang diperhatikan akibat pembangunan di Kuansing yang ingin segera diselesaikan, sehingga efek untuk kemudian hari tidak lagi jadi pertimbangan matang. Akibatnya, bangunan yang dibuat pun hanya mampu bertahan beberapa tahun kedepan.

Kondisi tekstur tanah seperti inilah yang terjadi pada bangunan dam tebing sianok yang terletak di perbatasan Desa Kinali dan Bukit Kauman kecamatan Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi.


Baca Juga:
1. Tekad Kuansing Meraih Piala Adipura
2. Bupati Ajak Wartawan Bangun Kuansing 

 

Pembangunan di Kuansing seperti Dam tebing sianok yang dibangun sekitar 4 sampai 5 tahun yang lalu untuk penahan tebing Sungai Kuantan, difungsikan agar tanah tidak terkuras dan meruntuhkan jalan lingkar Desa Kinali ke Bukit Kauman dan juga areal persawahan masyarakat tiga desa (Kinali, Bukit Kauman dan Aur Duri).

Dari pantauan dilapangan, tanah dam yang telah di semen dengan lebar dua meter dan panjang sekitar 100 meter telah mulai turun. Tanah dam penahan tebing Sianok telah turun sekitar 10 sampai 15  centimeter, dengan panjang sekitar 40 meter.

Sementara salah satu warga Desa Kinali, Eti (48) ketika dihubungi tim Riau24.com menyebutkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing harus segera memperbaiki dam tebing Sianok, jika tidak akan lebih merusak dan membawa dampak bagi lingkungan sekitarnya.

"Bisa-bisa nanti tanah lain akan terbawa runtuh, dan menjadikan pekerjaan yang telah lama akan rusak kembali. Harusnya suatu pekerjaan itu siap dan bertahan bukan hanya untuk satu atau dua tahun saja" paparnya.

Runtuhnya tanah dam tebing akibat pekerjaan dinilai asal jadi dan kontraktor ingin mendapatkan untung besar tanpa perhatikan efek belakangan. 
Kini warga berharap, agar pembangunan di Kuansing dilakukan Pemkab dengan baik dan tidak asal-asalan.
Karena efeknya sangat berbahaya bagi warga, bila pembangunan di Kuansing ini tidak sesuai standar.


R24/dev/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru