riau24 Rencana Pemekaran di Rohul Sedang Dikaji Secara Bertahap | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Rencana Pemekaran

Rencana Pemekaran di Rohul Sedang Dikaji Secara Bertahap

0
Rencana Pemekaran di Rohul Sedang Dikaji Secara Bertahap
Berita Riau -  Rencana Pemekaran di Rohul Sedang Dikaji Secara Bertahap
Rohul, Riau24.com - Terkait rencana pemekaran di Rohul yang akan dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) Rohul kini sedang melakukan melakukan kajian akademis secara bertahap untuk pemekaran kecamatan terutama bagi desa dan kelurahan serta jumlah penduduk yang banyak.


Tahun 2016 ini, untuk rencana pemekaran di Rohul hanya satu kecamatan yang menjadi prioritas oleh Bagian Tapem Setda Rohul untuk dilakukan kajian akademis pemekaran kecamatan yakni Kecamatan Tambusai Utara yang kini memiliki 19 desa.

Kepala Bagian Tapem Setda Rohul Muhammad Zaki SSTP menyebutkan, pihaknya saat ini sedang mempersiapkan proses kajian Akademis terhadap pemekaran Kecamatan Tambusai Utara yang telah direncanakan didalam APBD Rohul tahun 2016.


Baca Juga :
Camat Kunto Darussalam Berharap Pemkab Rohul Bangun Infrastruktur di Wilayahnya
Soal Sengketa Lima Desa, DPRD Rohul Datangi DPRD Riau 


Dikatakannya, dipilihnya Kecamatan Tambusai Utara oleh pemerintah daerah untuk melakukan kajian akademis pemekaran kecamatan, karena adanya aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat Kecamatan Tambusai Utara.

"Selain berbatasan langsung dengan Sumatera Utara itu, Tambut dinilai sudah memenuhi syarat untuk dilakukan kajian pemekaran yang tertuang didalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,"ujarnya kepada Wartawan, Selasa (19/7/16).

Menurutnya, kecamatan Tambusai Utara yang merupakan pemekaran dari Kecamatan Tambusai itu, saat ini dilihat dari persyaratan kajian akademis, Kecamatan Tambusai Utara memiliki jumlah penduduk dan jumla desa terbanyak dari kecamatan yang ada di Rohul.
"Diperkirakan Agustus mendatang, akan dimulai tahapan pelaksanaan kajian Akademik Pemekaran Kecamatan Tambusai Utara. Kitasudah alokasikan dana untuk pelaksanaan kegiatan tersebut’’ jelasnya

Mantan Camat Kabun itu menjelaskan, diajukannya kajian akademis rencana pemekaran di Rohul untuk wilayah Kecamatan Tambusai Utara didalam APBD Rohul 2016 mengingat rencana ini sudah dua tahun diusulkan oleh masyarakat Kecamatan Tambusai Utara.

Namun Zaki mengaku belum bisa menjawab secara gamblang, kajian akademis Kecamatan Tambusai Utara agar bisa dilakukan pemekaran di Rohul.
’’Layak atau tidak layaknya dimekarkan 
Kecamatan Tambusai Utara itu, tergantung apa hasil dari kajian akademis. Kita akan menunjuk Tim Akademis nantinya dari perguruan‎ tinggi yang ada di Riau.’’ tuturnya

Zaki menyebutkan, bila dari hasil kajian akademis, pemekaran kecamatan Tambusai Utara dinilai layak dan sesuai dengan UU nomor 23tahun 2014, maka Kecamatan Tambusai Utara akan dimekarkan menjadi dua kecamatan.
 
Salah satu tujuan dari rencana pemekaran di Rohul ini, bertujuan untuk mempermudah dan memperpendek rentang kendali pelayanan pemerintah kepada masyarakat.‎



R24/dev/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru