riau24 Komisi C DPRD Riau Kesal kalau BUMD yang Benalu, BPK Diminta untuk Meaudit | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Riau

Komisi C DPRD Riau Kesal kalau BUMD yang Benalu, BPK Diminta untuk Meaudit

0
Komisi C DPRD Riau Kesal kalau BUMD yang Benalu, BPK Diminta untuk Meaudit
Berita Riau -  Komisi C DPRD Riau Kesal kalau BUMD yang Benalu, BPK Diminta untuk Meaudit
Pekanbaru, Riau24.com- Komisi C DPRD Riau menilai, setakat ini keberadaan dari BUMD yang ada terkesan tidak memberi manfaat. Apalagi, selama ini selalu menjadi benalu 'menguras' APBD. Karena itu, BPK diminta melakukan audit.
 
Aherson, selaku Ketua Komisi C DPRD Riau mengatakan, sangat memalukan kalau BUMD sekedar menjadi benalu. Maka seyogya ini pihak BPK untuk melakukan audit terhadap BUMD demikian. Sebab tidak memberikan keuntungannya untuk daerah Provinsi Riau.
 
"Komisi C merupakan mitra kerja dari BUMD. Tapi selama ini, kami melihat memang ada BUMD yang tidak memberi keuntungan, justru sebaliknya. Artinya, telah menjadi benalu dan beban daerah. Tentu, layak ditutup. Tapi, audit BPK dan pertanggungjawab," ujarnya.
 
Sebab katanya, sejak dirinya ada di DPRD Riau ini, tidak tampak itu perkembangan BUMD. Setiap kali diadakan hearing tersebut, selalu didapat tidak ada kejelasan profit perusahaan itu sendiri, apalagi ini menguntungkan buat daerah. Hal ini jelas sangatlah disesalkan.
 
"Sejak saya duduk, jadi Anggota DPRD, sampai dihari ini tidak ada nampak perkembanganya BUMD. Setiap kali diadakanya hearing itu dengan BUMD tersebut, tidak ada kejelasan profit perusahaan. Dan apalagi, hal menguntungkan buat daerah," ujar Politisi Demokrat.

Baca Juga : Pansus Revisi Tatib DPRD Riau ini Belum Bekerja, karena Masih Suasana Lebaran 
 
Lebih lanjut dikatakannya, setiap BUMD ini penganggaran berasal dari APBD. Artinya, jangan hanya menjadi benalu. Maka sebutnya, BUMD tersebut layak ditutup dari pada merugikan daerah. Disebab berapa penyertaannya modal dari APBD Riau yang telah masuk.
 
Untuk diketahui, di Provinsi Riau ini ada sejumlah BUMD. Dimana sudah lebih dari satu dasawarsa. Diantara lain PT Bank Riau Kepri (BRK) PT Riau Air Line (RAL), PT Permodal Ekonomi Rakyat (PER), PT Sarana Pengembangan Riau (SPR), PT Riau Petroleum (RP), PT Pengembangan Investasi Riau (PIR), PT Jamkrida.
 
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru