riau24 Lomba Tanaman Obat Keluarga se-Kabupaten Siak | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Siak

Lomba Tanaman Obat Keluarga se-Kabupaten Siak

0
Lomba Tanaman Obat Keluarga se-Kabupaten Siak
Berita Riau -  Lomba Tanaman Obat Keluarga se-Kabupaten Siak
Siak, Riau24.com - Lomba Tanaman Obat Keluarga (TOGA) se-Kabupaten Siak di ikuti Kampung Teluk Batil yang mewakili kecamatannya. Dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan tersebut, Penghulu menghimbau seluruh masyarakatnya untuk sesegera mungkin melakukan penanaman tanaman obat-obatan di sekeliling rumah dengan mengunakan polibet,kaleng bekas, ember bekas,plastik bekas, Goni bekas dan lain-lain.

Hal ini disampaikan Penghulu Kampung Teluk Batil Asnur , Kamis (21/7).
Ia mengaku bangga dengan ditunjuk sebagai kampung yang akan mewakili kecamatannya untuk mengikuti lomba menanam tanaman obat keluarga antar desa se-Kabupaten Siak.

"Kita saat ini sudah memulai kegiatan menanam tanaman obat keluarga disetiap rumah, dan untuk yang pertama kalinya kita wajibkan di setiap RT harus ada 10 rumah yang menanam Tanaman Obat Keluarga. Dan dalam satu rumah minimal menanam 10 jenis tanaman obat-obatan yang di tanam diatas polibet dan di pajang di depan rumah dengan mengunakan papan atau kayu dan lain-lain," kata Asnur.

Sebenarnya, ujar Asnur, masyarakatnya sudah sejak zaman dulu sudah melestarikan tanaman obat-obatan di sekitar lingkungan rumah mereka, namun banyak yang tidak bisa memanfaatkan.

"Untuk itu agar tanaman obat keluarga bisa lebih dilestarikan dan dimanfaatkan maka kita koordinir dan kita beri bantuan berupa polibet 10 buah di setiap rumah yang sudah ditunjuk. Dan jenis-jenis Toga yang kita tanam ada 51 jenis tanaman, dan tanaman tersebut diharapkan dapat tertanam semua di setiap rumah agar ketika mereka sakit bisa dengan mudah mengambil obat-obatan secara alami," ungkapny.

Baca Juga : Pengamanan di Perketat Jelang Kedatangan Wakil Presiden di Siak 

Lebih lanjut Asnur menjeleaskan, jenis-jenis tanaman obat keluarga yang ditanam masyarakat adalah Sambiloto, Kunyit, Sirih, Brotowali,Timun, Pegagan, Meniran, Kumis Kucing, Pepaya, Lidah Buaya, Daun Ungu, Temulawak, Katu, Jagung, Bunga kupu-kupu, Belkuntas, Kencur, Ubi jalar, Sosor Bebek, Jambu biji, Jahe, Jeruk Nipis, Kacang panjang, Bunga Pukul, Bungaraya, Sirsak, Lengkuas, Ketepeng Cina, Tapak dara, serai wangi, Lidah Mertua, Serai, pare, Seledri, Nenas dan masih banyak lagi yang lainnya.

"Untuk itu kita berharap bukan saja 10 rumah setiap RT yang menanam tanaman obat keluarga, tapi semua rumah diharapkan kedepan bisa melakukan penanaman tanaman obat keluarga. Dan kami masyarakat Teluk Batil mengucapkan terima kasih kepada Bupati Siak H.Syamsuar yang telah mendukung program-program agama, kesehatan, sehingga masyarakat lebih semangat lagi untuk meningkatkan dan melestarikan tanaman obat-obatan keluarga di lingkungannya,"ungkapnya.


R24/gig/lin

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru