riau24 Disbun Riau Catat 2 Juta Hektare Kebun Sawit yang Ilegal | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Disbun Riau Catat 2 Juta Hektare Kebun Sawit yang Ilegal

0
Berita Riau -  Disbun Riau Catat 2 Juta Hektare Kebun Sawit yang Ilegal
 
Pekanbaru, Riau24.com- Kepala Disbun Riau, Muhibul menyebut, saat ini luas perkebunan sawit di Provinsi Riau tercatat paling luas se Indonesia. Namun, dari luasan tersebut ada terdata sekitar 2 juta hektare yang ilegal.
 
"Saat ini perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau seluasan 3,5 juta hektare lebih. Tetapi luasan pada kawasan dilepas kementerian itu untuk kepentinganya perkebunan hanya seluas 1,6 juta hektar. Dan ini artinya, selebihnya dikategori ilegal," kata Muhibul.
 
Maka pihaknya mendukung kalau kelebihan perkebun yang dikelola perusahaan sawit yang tak sesuai dari luasan perijinan. Itu agar bisa dikelola rakyat. Disebabkan sejak dulu hingga sekarang rakyat riau menjadi penonton ketika investor membangun perkebunan.
 
Lebih lanjut disampaikan Muhibul, lahan perkebunan sawit llegal itu di dalam kawasan hutan lindung. Lahan-lahan tersebut tersebar di beberapa kabupaten/kota. Diakui, keberadaan lahan perkebunan ini memiliki dampak yang cukup luar biasa terhadap daerah ini.
 
Muhibul mengatakan, diharapkan kepada instansi terkait di daerah untuk sesegera kembalikan lahan perkebunan ilegal tersebut masuk kembali di dalam kawasan hutan. 
"Intinya, jika lahan perkebunan itu berada dalam kawasan hutan. Itu harus dikembalikan," ujarnya.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru