riau24 Kepala Staf Kepresidenan Nilai SP3 Perusahaan Terlibat Karhutla Tak Semata karena Aspek Pidana | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pekanbaru

Kepala Staf Kepresidenan Nilai SP3 Perusahaan Terlibat Karhutla Tak Semata karena Aspek Pidana

0
Berita Riau -  Kepala Staf Kepresidenan Nilai SP3 Perusahaan Terlibat Karhutla Tak Semata karena Aspek Pidana

Pekanbaru, Riau24.com- Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki menilai untuk membuat efek jera bagi pelaku karhutla bukan semata pidana namun juga dari aspek perizinan dan administrasi.


"Saya sudah mendengar laporan itu dari Pak Kapolda. Tapi saya kira upaya SP3 bukan hanya dari aspek pidananya tapi juga bisa dari administrasi atau perizinan lahan," ujar Teten.


Terkait hal ini pula, Teten menuturkan pihaknya akan membicarakan lebih lanjut dengan Kapolda dan Kapolres. "Saya belum tau apakah ini memang tidak ada daya, sulit mencari pelakunya atau ada faktor lain," tuturnya.

Baca Juga : Jikalahari: Penghentian 11 Perkara Karhutla Korporasi Sungguh Mengecewakan Rakyat Riau 


Dari catatan Presiden Joko Widodo, sambung Teten, masalah SP3 ini ada hal-hal yang harus dipastikan termasuk lahan bekas kebakaran.


"Itu harus dipastikan. Jika memang terbukti lahan terbakar itu ada di lahan konsesi perusahaan, maka dipastikan tidak lagi akan diserahkan kepada mereka yang terbukti tidak sanggup mengelola lahannya," tandas Teten.


Sementara itu, sebelumnya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya mengatakan pihaknya kini tengah meminta Dirjen Penegakan Hukum untuk mencari informasi dan selanjutnya dipelajari konsideransnya.

Baca Juga :  Gubri Imbau Korporasi Untuk Cegah Karhutla Juga Menjaga Wilayah Konsesinya


"Saya segera pelajari lagi. Berdasarkan informasi dari Dirjen nanti kita bisa injeksi peningkatannya harus apa. Saya masih minta Dirjen untuk cari informasi ke Polda Riau," tuturnya.


"Tentang detail data di lapangan akan saya dalami dan mungkin bisa juga nanti minta dukungan fakta lapangan dari komunitas dan aktivis. Sekarang komunitas dan aktivis juga aktif memberi info dan saran solusi kepada kami di KLHK," terang Menteri Siti.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru