riau24 Kondisi Lahan Tahura SSK II Kian Prihatin, Dishut Riau ini 'Impoten' Mengawasi | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Kondisi Lahan Tahura SSK II Kian Prihatin, Dishut Riau ini 'Impoten' Mengawasi

0
Berita Riau -  Kondisi Lahan Tahura SSK II Kian Prihatin, Dishut Riau ini 'Impoten' Mengawasi
 
Pekanbaru, Riau24.com - Kondisi dari lahannya Taman Hutan Raya (Tahura) ini masih tetap dirambah dan sehingga sudah memprihatin. Diminta pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk berbuat. Ini harusnya jadi perhatiian dan serta ditangani dengan serius.
 
Diketahui, luasan awal Tahura itu merupakan, kawasan pelestarian alam ditetapkannya berdasarkan Surat Keputusan (SK) dari pihak Menhutbun No. 348/Kpts-II/1999 tanggal 26 Mei 1999 seluas 6.172 Ha. Yang meliputi di 3 kabupaten/kota se- Provinsi Riau.
 
Antara lain di Kabupaten Kampar seluas 3.041,81 Ha, di Kabupaten Siak seluas 2.323,33 Ha dan Kota Pekanbaru seluas 806,86 Ha. Kini luasan Tahura tersebut, hanya 60 persen dari total luasan kawasan.
Tahura ini dikuasai oleh beberapa kepentinganya oknum.
 
Artinya, di kawasan hutan dengan fungsi kawasan konservasi sudah berubah yang dikarenakan halnya penanganan pengamanan seakan tidak maksimal. Penguasaan dari lahan ini, sebagai bagian diakibat lemahnya pengamanan dari pihak instansi di Dishut Riau.
 
"Saat ini hanya tinggal sekitar 60 persen dari total luasan kawasan Tahura SSK II. Sebab ini, banyak dikuasai beberapa oknum. Yaitu menjadikan pemukiman maupun lahan perkebunan. Artinya, pihak Dishut Riau 'impoten' mengawasi Tahura SSK," katanya.
 
Penegasan disampaikan Direktur Eksekutif Lembaga Pengawasan Pembangunan pada Lingkungan Hidup Indonesia, Kharimulah saat berbincang-bincang, Rabu (27/7) siang. Dikatakan dia, kerusakkan Tahura SSK telah tidak terkendali ini dengan perambahan.
 
Kharimullah Tambunan tegaskan, Kawasan dari Tahura ini hanyalah tinggal nama. Dikarenakan, pihak Pemprov melalui Dishut terkesan
tidak berdaya atau 'impoten' pada pengawasan. Sehingganya terjadi pengrusakan dikawasannya hutan yang dilindungi tersebut.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru