riau24 Ranperda Tentang Kawasan Tanpa Rokok Diajukan Oleh Dinas Kesehatan Dumai | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Ranperda Rokok

Ranperda Tentang Kawasan Tanpa Rokok Diajukan Oleh Dinas Kesehatan Dumai

0
Ranperda Tentang Kawasan Tanpa Rokok Diajukan Oleh Dinas Kesehatan Dumai
Berita Riau -  Ranperda Tentang Kawasan Tanpa Rokok Diajukan Oleh Dinas Kesehatan Dumai

Dumai, Riau24.com - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Dumai berencana mengajukan rancangan peraturan daerah (Ranperda) tentang Kawasan Tanpa Rokok (KTR) untuk memperkuat penerapan yang sebelumnya diatur dalam peraturan walikota (Perwako).

Baca Juga :
Ranperda Pengembangan Pariwisata dan Tujuan Wisata ini Tunggu Ketuk Palu 

“Ranperda ini untuk memperkuat Perwako yang kurang optimal dan belum tegas mengatur penerapan kawasan tanpa rokok ini,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai H Paisal belum lama ini.

Pengajuan ranperda ini, kata Paisal, bertujuan agar lebih diatur tegas penerapan kawasan tanpa rokok di lokasi tertentu dan sanksi bagi pelanggar ketentuan.

Dinkes juga berencana akan menentukan lokasi tertentu kawasan publik bebas asap rokok dan yang dibolehkan untuk menciptakan masyarakat dan generasi yang sehat tanpa tercemar asap rokok.

Baca Juga :
Mendagri akan Pangkas 3.000 Perda se Indonesia, Gimana di Provinsi Riau? 

Sementara, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai Efrizon menambahkan, pihaknya akan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang kawasan tanpa rokok, terutama di area publik dan pelabuhan dengan cara sosialisasi.

Dijelaskannya, KTR merupakan ruangan atau area yang dinyatakan dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, dan mempromosikan produk tembakau.

Bahaya merokok itu bisa menimbulkan berbagai penyakit seperti pernapasan, sehingga sangat perlu adanya areal KTR agar orang yang tak merokok tidak terkena asap rokok.

“Tujuan penetapan KTR untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian dengan cara mengubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat, meningkatkan produktivitas kerja yang optimal. Semoga ranperda ini dapat segera disetujui,” imbuhnya.

 

R24/dev/dik

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru