riau24 Tak Sesuai Standar Penyimpanan, Vaksin Tak Lagi Berfungsi | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Vaksin

Tak Sesuai Standar Penyimpanan, Vaksin Tak Lagi Berfungsi

0
Tak Sesuai Standar Penyimpanan, Vaksin Tak Lagi Berfungsi
Berita Riau -  Tak Sesuai Standar Penyimpanan, Vaksin Tak Lagi Berfungsi

Pekanbaru,   Riau24.com - Vaksin yang merupakan bahan antigenik dan digunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit dapat berubah tidak berfungsi untuk tubuh ketika proses penyimpanan vaksin tidak sesuai standar yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

"Kalau vaksin tersebut disimpan dalam tempat yang tidak sesuai maka imunnya tidak ada lagi dan tidak berfungsi," terang Rasidin, Sraf Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kamis (28/7/16).

Vaksin sendiri terbagi menjadi dua, yaitu live attenuated vaccine yaitu Vaksin hidup yang terbuat dari virus atau bakteri yang sudah dilemahkan virulensinya dan Vaksin inaktif yang berisi komponen bakteri atau virus yang tidak aktif.

Baca Juga : Rasidin: Di Daerah, Saya Mendengar Penyimpanan Vaksin Di Dalam Lemari Pendingin Keluarga
 

Vaksin hidup ini terdiri yaitu vaksin varicella, zoster, Measles-Mumps-Rubella (MMR), vaksin flu semprot, vaksin tifoid oral, vaksin polio oral, bacillus calmette guerin, yellow fever, dan Japanesse B Encephalitis dengan penyimpanan vaksin di suhu -15 C sampai dengan -25 C.

Kemudian vaksin inaktif yaitu vaksin tetanus, difteri, pertusis, HPV, vaksin flu trivalen, hepatitis A, hepatitis B, Hemofilus influenza tipe B, Pneumokokal polisakarida, Meningokokal polisakarida, Tifoid suntik yang pada umumnya tidak tahan beku sehingga harus disimpan di kulkas antara suhu 2 C sampai 8 C.

"Tapi kalau untuk klinik atau puskesmas vaksin jenis bcg dan campak boleh disimpan disuhu 2 sampai dengan 8 kecuali polio. Polio harus disimpan disuhu minus," ujar Rasidin pada Riau24.com.
 

R24/gma

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru