riau24 Rasidin: Di Daerah, Saya Mendengar Penyimpanan Vaksin Di Dalam Lemari Pendingin Keluarga | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Vaksin

Rasidin: Di Daerah, Saya Mendengar Penyimpanan Vaksin Di Dalam Lemari Pendingin Keluarga

0
Rasidin: Di Daerah, Saya Mendengar Penyimpanan Vaksin Di Dalam Lemari Pendingin Keluarga
Berita Riau -  Rasidin: Di Daerah, Saya Mendengar Penyimpanan Vaksin Di Dalam Lemari Pendingin Keluarga

Pekanbaru, Riau24.com- Vaksin dengan tingkat sensitivitas yang tinggi atas suhu dan tingkat kesterilan yang juga tinggi sehingga dapat memberikan efek pada tubuh membuat distribusi vaksin ke daerah menemui hambatan.

Daerah dengan fasilitas yang serba terbatas membuat penyimpanan vaksin tidak sesuai dengan standarnya. Penyimpanan vaksin yang ditetapkan suhunya dengan suhu minimum tertentu membuat puskesmas atau bidan desa menyimpan vaksin di lemari pendingin rumah tangga yang dimilikinya.

Rasidin, Staf Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Riau membenarkan penemuan penyimpanan vaksin yang tidak sesuai standar di daerah. Ia membolehkan penyimpanan di dalam lemari pendingin hanya saja tidak boleh digabungkan dengan makanan sebab dikhawatirkan akan terjadi kontaminasi dan tidak stabilnya suhu karena seringnya dibuka tutup.

Baca Juga : Tak Sesuai Standar Penyimpanan, Vaksin Tak Lagi Berfungsi
 

Selain itu, sebaiknya vaksin diletakkan di tengah- tengah bagian dari lemari pendingin, tidak terlalu dekat dengan evaporator untuk mencegah terjadinya pembekuan, dan bukan di pintu kulkas karena suhu meningkat saat dibuka, juga disediakan ruang kosong 50% volume lemari pendingin agar udara dapat bersirkulasi.

"Untuk beberapa daerah ditemukan juga penyimpanan vaksin di dalam kulkas rumah tangga. Itu ada juga saya dengar, penyimpanan di dalam kulkas tersebut tidak masalah asal diletak di rak paling atas. Namun tidak boleh menyimpan barang-barang lain seperti makanan, khusus untuk vaksin saja," (28/7/16).

Jelasnya lagi, untuk memperbaiki pemahaman terkait temuan dari World Health Organization (WHO) mengenai salahnya penyimpanan vaksin disalah satu rumah sakit, Dinas Kesehatan Provinsi Riau tak jarang adakan pelatihan untuk mensosialisasikan penyimpanan vaksin yang baik dan benar.

Baca Juga : Rasidin: Penyimpanan Vaksin Di Puskesmas Sudah Sesuai Standar
 

"Kami selalu adakan pelatihan baik itu untuk puskesmas, bidan desa. Sebab ada temuan dari WHO tentang penyimpanan yang salah di rumah sakit, tanggal 24-26 kemarin, kami adakan pelatihan bagaimana cara penyimpanan vaksin yang baik," ulasnya pada Riau24.com.

Namun, tambahnya, untuk distribusi vaksin ke daerah terpencil dan perkampungan yang tidak ada listrik, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengusahakan digunakannya solar Cell dengan menggunakan tenaga Surya.

"Distribusi vaksin ke daerah terpencil telah kami usahakan menggunakan sollar cell yaitu yang menggunakan tenaga surya dan dijaga full dengan trafik suhunya yang dipantau dua kali dalam satu hari, pagi dan sore," tambahnya.
 

R24/gma

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru