riau24 Rasidin: Penyimpanan Vaksin Di Puskesmas Sudah Sesuai Standar | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Vaksin

Rasidin: Penyimpanan Vaksin Di Puskesmas Sudah Sesuai Standar

0
Rasidin: Penyimpanan Vaksin Di Puskesmas Sudah Sesuai Standar
Berita Riau -  Rasidin: Penyimpanan Vaksin Di Puskesmas Sudah Sesuai Standar

Pekanbaru, Riau24.com- Rasidin, Staf Imunisasi Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau meyakinkan bahwa peyimpanan vaksin di puskesmas sudah sesuai standar yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO).

"Kalau penyimpanan vaksin di puskesmas sudah sesuai standar. Penjagaan vaksin dilakukan sebanyak 2 kali yaitu pagi dan sore," ujar Rasidin, kemaren (28/7/16).

Sementara itu, Imunisasi yang dilaksanakan di posyandu, dibawa dengan menggunakan cool box yang di dalamnya diletakkan ice pack gel beku.

Baca Juga : Rasidin: Di Daerah, Saya Mendengar Penyimpanan Vaksin Di Dalam Lemari Pendingin Keluarga
 

"Untuk membawa vaksin dari puskesmas ke posyandu itu namanya vaccine carrier, kita menggunakan box kecil ini yang di dalamnya diletakkan ice pack gel beku," terangnya pada Riau24.com.

Sedangkan vaksin yang telah dibuka, terdapat aturan batas waktu berfungsinya. Seperti bcg dan campak, namun hal itu berlaku untuk pelayanan di luar gedung.

"Vaksin yang sudah dibuka di posyandu tidak boleh digunakan lagi. Untuk vaksin bcg tidak dapat digunakan setelah 3 jam, kalau campak bisa hingga 6 jam setelah dibuka. Kalau lebih dari itu tidak dapat digunakan lagi, dibuang saja. Tapi itu khusus untuk pelayanan di luar gedung," jelasnya di Diskes Provinsi Riau.

Baca Juga : Tak Sesuai Standar Penyimpanan, Vaksin Tak Lagi Berfungsi
 

Namu, jika pelayanan dilakukan di puskesmas, maka vaksin yang telah dibuka, bisa digunakan hingga 1 Minggu. "Kalau pelayanannya di puskesmas, bisa dilakukan hingga satu 1 Minggu setelah dibuka," tandasnya.



R24/gma

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru