riau24 Crash Program Campak Akan Dilaksanakan Di Riau Bulan Agustus Mendatang | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Program Campak

Crash Program Campak Akan Dilaksanakan Di Riau Bulan Agustus Mendatang

0
Crash Program Campak Akan Dilaksanakan Di Riau Bulan Agustus Mendatang
Berita Riau -  Crash Program Campak Akan Dilaksanakan Di Riau Bulan Agustus Mendatang

Pekanbaru,   Riau24.com - Sesuai hasil kesepakatan dalam pertemuan Nasional mengenai sosialisasi, advokasi dan koordinasi Crash Program Campak pada 15 Juli 2016 lalu, yang terintegrasi dengan pemberian vitamin A dan obat cacing, diputuskan bahwa program tersebut akan dilakukan dalam 3 tahapan.

Tahapan pertama yaitu pelaksanaan dilakukan pada tanggal 1-14 Agustus, Sweeping pada tanggal 15-26 Agustus dan pelaporan dari tanggal 29- 31 Agustus 2016 mendatang.

"Program ini sangat penting dilakukan untuk menghindarkan generasi penerus dari ancaman penyakit terutama campak, mata dan juga kecacingan," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Andra Sjafril, Jum'at (29/7/16).

Ia menyebutkan, Crash Program Campak adalah integrasi dari 3 program yaitu Imunisasi, pemberian vitamin A dan Program penanggulangan Kecacingan pada anak.

Baca Juga : Rasidin: Penyimpanan Vaksin Di Puskesmas Sudah Sesuai Standar
 

Dituturkannya juga, sasaran usia pada pelaksanaan kegiatan ini adalah dari 9 hingga 59 bulan sebanyak 322.818 anak yang terdiri dari 7 kabupaten/kota Provinsi Riau.

"Jumlah sasaran usia 9 -59 bulan sebanyak 322.818 anak. Terdiri dari Rohul sebanyak 64.044, Inhu 38447, Kuansing 27.700, Inhil 59.023, Bengkalis 52.491, Rohil 66.660 dan Meranti 14.453," terangnya di Pekanbaru.

Sementara itu, untuk Program Kecacingan akan dilaksanakan di 4 kabupaten yaitu Pekanbaru, Pelalawan, Dumai dan Rohul. Kemudian, program untuk pemberian Vitamin A akan dilakukan di semua kabupaten/kota.

Baca Juga : Rasidin: Di Daerah, Saya Mendengar Penyimpanan Vaksin Di Dalam Lemari Pendingin Keluarga
 

Sedangkan Imunisasi Campak akan dilakukan di 7 Kabupaten yaitu Inhu, Inhil, Rohul, Rohil, Meranti, Bengkalis dan Kuansing.

Menurutnya, Diskes telah mempersiapkan diri dengan melakukan rapat-rapat koordinasi terutama lintas program terkait, antara lain Program Imunisasi, Program Gizi, Program Kecacingan dan Promosi Kesehatan (Promkes).

Andra menjelaskan bahwa Diskes membutuhkan dukungan dari semua pihak sehingga Crash Program Campak ini bisa terlaksana dengan baik di Provinsi Riau sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

"Kita membutuhkan dukungan dari semua pihak sehingga program ini terlaksana dengan baik sesuai dengan target yang telah ditetapkan," tandasnya.

R24/gma

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru