riau24 Jejak Kanker Prasejarah Ditemukan pada Fosil Kaki Manusia Purba | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Jakarta

Jejak Kanker Prasejarah Ditemukan pada Fosil Kaki Manusia Purba

1
Berita Riau -  Jejak Kanker Prasejarah Ditemukan pada Fosil Kaki Manusia Purba

Jakarta, Riau24.com- Selama ini kanker lebih dianggap sebagai penyakit modern akibat gaya hidup manusia yang semakin bergeser ke kebiasaan tak sehat. Namun demikian sebuah temuan oleh tim peneliti internasional menunjukkan bahwa tampaknya penyakit ganas ini sudah menjadi masalah bahkan sebelum peradaban modern muncul.

Dalam laporan terbaru yang dipublikasi di South African Journal of Science, bukti paling awal kanker ditemukan ada pada fosil jempol kaki manusia purba berusia 1,7 juta tahun. Fosil tersebut digali dari goa Swartkrans, Afrika Selatan, dan diduga milik spesies antara Homo ergaster atau Paranthropus robustus.

Data menyebut bahwa kanker yang dimiliki sang manusia purba adalah kanker tulang langka ganas bernama osteosarcoma.

Edward Odes selaku salah satu peneliti dari University of the Witwatersrand mengatakan temuan fosil itu menunjukkan, anggapan bahwa kanker penyakit modern adalah keliru.

"Ilmu kedokteran cenderung mengasumsikan bahwa kanker dan tumor pada manusia adalah penyakit yang ditimbulkan akibat gaya hidup dan lingkungan modern. Studi kami menunjukkan bahwa asal mula penyakit ini terjadi pada kerabat purba kita jutaan tahun yang lalu sebelum ada peradaban modern," kata Odes seperti dikutip dari BBC.

Hannah Birkett dari Bone Cancer Research Trust mengomentari penelitian sebagai sesuatu yang menarik dan semakin memperluas studi untuk kanker tulang terutama osteosarcoma. Menurut Birkett lingkungan tetap berpengaruh namun dari studi baru tersebut tampaknya ada faktor lain yang patut diperhatikan.

"Gaya hidup modern dan lingkungan selalu jadi faktor besar dalam persepsi orang-orang sebagai penyebab kanker. Temuan ini mengonfirmasi lagi pentingnya mempertimbangkan faktor lain seperti misalnya dari tingkat pertumbuhan tulang," pungkas Birkett.

R24/uci/det

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 19 November 2017 13:56 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/hqMnrKM.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru