riau24 Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Dinilai Hanya Akan Jadi Beban Daerah | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Kartu Identitas Anak (KIA)

Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Dinilai Hanya Akan Jadi Beban Daerah

0
Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Dinilai Hanya Akan Jadi Beban Daerah
Berita Riau -  Penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) Dinilai Hanya Akan Jadi Beban Daerah

Siak, Riau24.com - Berdasarkan perintah dari peraturan Kemendagri dalam negeri Nomor 2 Tahun 2016 Perihal penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) oleh Disdukcapil dinilai hanya menjadi beban daerah.

Baca Juga :
Kadisdukcapil Belum Terima Surat Edaran Mengenai KIA

Sebab, bagi anak dibawah umur diharuskan mengantongi Kartu Identitas Anak (KIA). Sementara anggaran daerah saat ini sangat terbatas. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan catatan sipil Kabupaten Siak, Rakhmansyah SH MH.

"Sebenarnya penerapan KIA ini yang diberlakukan oleh Pemerintah mengalui Permendagri nomor 2 tersebut cukup bagus, hal ini bertujuan untuk lebih mempermudah kita. Umpamanya jika ditemukan ada anak yang tersesat ditemukan dijalan. Kalau si anak tadi mengantongi KIA kan gampang mengantarkan kerumahnya, itu salah satu contohnya terkait kegunaan KIA itu tadi," katanya.

Akan tetapi yang jadi persoalan bagi Dinas Kependudukan Catatan Sipil adalah terkait anggaran untuk mencetak blanko KIA tersebut. "Kita bisa penuhi Kartu Identitas Anak (KIA) itu saat ini, semuanya itu bergantung erat pada anggaran," ujarnya.

Baca Juga :
Tahun Ini Bayi dan Anak Akan Punya KIA

Dikatakan, sebenarnya perintah dari Pemendagri nomor 2 terkait KIA ini tidak ditentukan oleh pusat. Karena bagi Daerah yang sudah mengalokasikan anggaran untuk itu di beberapa daerah kabupaten kota di Riau sudah melaksanakan perintah dari Permendagri tersebut.

"Tapi di kabupaten Siak belum bisa kita buatkan dikarenakan alokasi anggarannya belum ada. Sementara Pemerintah daerah sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat harus siap melaksanakannya. Kalau untuk tahun 2016 ini sepertinya belum bisa kita terbitkan Kartu Identitas Anak (KIA). Mungkin pada tahun 2017 mendatang," pungkasnya.


R24/lin 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru