riau24 Anggota Komisi III DPR RI ini Sebut Harus ada Komitmen dari Pemerintah Menegakkan Hukum | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Komisi III DPR RI

Anggota Komisi III DPR RI ini Sebut Harus ada Komitmen dari Pemerintah Menegakkan Hukum

0
Anggota Komisi III DPR RI ini Sebut Harus ada Komitmen dari Pemerintah Menegakkan Hukum
Berita Riau -  Anggota Komisi III DPR RI ini Sebut Harus ada Komitmen dari Pemerintah Menegakkan Hukum
Pekanbaru,   Riau24.com - Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil ini, mengatakan, bahwa, kualitas dari keamanan ini dapat menjadi tolak ukur atas berhasil keberhasilanya penegakkan hukum. Maka, harus diperlukan suatu komitmen tegas dan jelas dari pemerintah.
 
"Harus ada komitmen yang tegas dan jelas dari pemerintah didalam menegakkan hukum. Disebab hal keberhasilan sebuah penegakkan hukum itu bisa dibuktikan dengan kualitas keamanan dan ketertiban yang tercipta di dalam lingkungan masyarakat," ujarnya.
 
Politisi PKS ini mengatakan, kalau penegakan hukum bukan ditandai dengan jumlah penangkapan dan barang haram yang disita. Tetapi, tegaknya hukum itu mesti ditanda dengan semakin berkualitas akan keamanan serta ketertiban terjadi ditengah masyarakat.

Baca Juga : Terkait Ada SP3 15 Perusahaan Karlahut oleh Polda Riau, Komisi III DPR RI akan Bentuk Pansus
 
 
Penegasan ini disampaikan disela Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi III DPR RI ke Polda Riau, Selasa. Dikatakan dia, paparan diungkap oleh beberapa mitra kerja Komisi III di Provinsi Riau masih bersifat klasik. Dimana masih melaporkan keberhasilan semata.
 
"Dari beberapa mitra kerja, sudah didapatkan informasi. Tapi, hanya melaporkan keberhasilan banyak perkara diselesaikan, dan berapa banyak orang ditangkap, ataupun berapa kilogram narkotika barang yang bisa disita, dan lain-lainnya selama ini," sebutnya.
 
Nasir Djamil mengatakan, .tujuan dibentuk aparat penegak hukum itu adalah untuk tegaknya hukum. Yaitu ditandai dengan ketertiban dan keamanan dalam kehidupan masyarakat. Kalau penangkapan orang, atau barang haram disita. Itu belum tegak hukum.

Baca Juga : Komisi III DPR RI Gelar Rapat Tertutup Dengan Polda Riau Mengenai SP3 Terhadap 15 Perusahaan Penyebab Asap di Riau
 
 
"Tetapi kejahatan tidak semakin reda, Berarti ada terjadi sesuatu yang salah. Saya menilai aparat kita hanya bisa selalu menangani akibat dari suatu sebab. Dimana, tidak pernah kemudian menyusuri bagaimana supaya akibat ini tidak lagi terulang,” sebutnya.
 
Lebih lanjut dipaparkanya, masih terus terulang masalah-masalah tersebut dikarena tidak ditelusuri darimana sebenar sumber terjadi kejahatan, dan tidak teridentifikasi dengan jelas itu mengenai aparat hukum menangani dari persoalan diberikan kepada mereka.
 
"Sebab sudah bukan rahasia lagi, bahwasa lingkungan penegakan hukum di Indonesia ini diketahui sudah terkontaminasi. Bukannya  serius menanganani penegakkan hukum, tetapi malah dari mereka menjadi bagian sumber terjadinya pelanggaran," sebutnya.

Baca Juga : Komisi III DPR RI Pertanyakan SP3 Oleh Polda Riau Terkait 15 Perusahaan Bakar Lahan
 
 
Kesempatan itu, Nasir Djamil juga menghimbau kepada pemerintah, agar dalam rekruitmen para calon aparat penegak hukum dilakukan dengan seleksi yang benar. Yang dimaksudkan agar tercipta aparat penegak hukum yang mempunyai rasa bertanggungjawab.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru