riau24 Calon Jamaah Haji (CJH) Asal Rohul Ikut Manasik Haji di MAMIC Pasir Pengaraian | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Calon Jamaah Haji (CJH)

Calon Jamaah Haji (CJH) Asal Rohul Ikut Manasik Haji di MAMIC Pasir Pengaraian

0
Calon Jamaah Haji (CJH) Asal Rohul Ikut Manasik Haji di MAMIC Pasir Pengaraian
Berita Riau -  Calon Jamaah Haji (CJH) Asal Rohul Ikut Manasik Haji di MAMIC Pasir Pengaraian

Rohul, Riau24.com - Sebanyak 238 Calon Jamaah Haji (CJH) Rokan Hulu (Rohul), Senin (1/8/2016) pagi mengikuti manasik haji tingkat kabupaten Rohul yang dipusatkan di Masjid Agung Madani Islamic Centre (MAMIC) Pasir Pengaraian.


Baca Juga :
Ada 4 Terpidana Mati Yang Masih Menunggu Proses Hukum di Lapas Pekanbaru


Kegiatan yang ditaja Kementrian Agama (Kemenag) Rohul, digelar selama dua hari dan diikut oleh seluruh  Calon Jamaah Haji (CJH) berasal dari 16 kecamatan se-Rohul.
Hari pertama manasik haji, seluruh CJH diberi pembekalan materi tentang pelaksanaan haji kemudian pada hari kedua nantinya para CJH akan melakukan manasik haji yang dilaksanakan di sekitar halaman MAMIC.

Dalam kegiatan itu, Kepala Kemenag Rohul, Drs H Ahmad Supardi Hasibuan MA berpesan ke seluruh CJH yang akan berangkat di musim haji tahun ini, agar tidak membawa barang bawaan berlebih.
Juga diharapkan agar membawa pakaian seperlunya saja karena niat ke tanah suci untuk menunaikan ibadah sehingga CJH bisa khusuk dalam melaksanakan ibadah tanpa disibukkan dengan barang bawaan yang dibawa nantinya.

“Saya berharap ke seluruh CJH yang akan berangkat ke tanah suci, hindari untuk membawa barang berlebihan. Bawalah pakaian seperlunya saja, karena kita itu niatnya hanya untuk melaksanakan ibadah,” imbau Ahmad Supardi.

Baca Juga :
Pembunuhan Sadis Terjadi di Kotamobagu, Kepala Korban Diseret dan Dibawa ke Rumah Pelaku 

Kakan kemenag juga mengatakan, dengan dilaksanakannya manasik haji tingkat kabupaten tersebut, merupakan manasik haji terakhir yang diikuti oleh seluruh CJH sebelum diberangkatkan 14 Agustus 2016 ke embarkasi Batam, kemudian 15 Agustus 2016 akan diberangkatkan dari Batam ke Jeddah.

Sebutnya lagi, selain manasik haji terakhir yang dilaksanakan di kabupaten, kegiatan manasik tersebut juga sebagai pemantapan kesiapan seluruh JCH yang akan berangkat ke tanah suci. Setelah dilaksanakaan penyampaian secara teori (materi) dihari pertama, pada hari kedua akan dilanjutkan dengan praktek pelaksanaan ibadah haji secara keseluruhan dalam pelaksanaan manasik haji.

Ahmad Supardi juga menambahkan untuk pelaksanaan praktek pelaksanaan manasik Selasa (2/8/2016) yang dipusatkan di halaman MAMIC Pasir Pengaraian, satu persatu JCH akan dicek petugas dari Kemenag Rohul, terkait tata cara pemakaian baju Ihrom, tata cara Tawaf, Sa’i serta seluruh syarat dalam melaksanakan ibadah haji nantinya.

Baca Juga :
Lengser Dari Menteri, Suara Mendukung Anies Baswedan Pilgub DKI Makin Santer 


“Dalam manasik haji tingkat kabupaten ini, seluruh kegiatan yang dilakukan di tanah suci nantinya dipraktekkan kesemua Calon Jamaah Haji (CJH) peserta manasik. Karena jangan sampai nantinya masih ada jamaah kita yang tidak faham tata cara memakai baju, Ihkrom, Tawaf, Sa’i dan lainnya,” sebut Ahmad Supardi lagi.

Terkait Dua CJH Rohul Yang Terkena Penyakit Ginjal, Ahmad Supardi Tidak Bisa Mengomentari


Sikapi terkait dua CJH Rohul menderita penyakit kriteria yang tercantum dalam salah atu penyakit kriteria (gagal ginjal atau cuci darah) dalam Permenkes RI tahun 2016 tentang isthitoah jamaah haji, Ahmad Supardi menyatakan hingga kini belum dirinya bisa memastikannya karena masih menunggu perkembangan kesehatan kedua CJH tersebut hingga 12 hari kedepan jelang keberangkatan 14 Agustus 2016 nanti.

Untuk memastikannya, Kemenag Rohul masih menunggu sampai batas akhir keberangkatan yang telah ditetapkan, sehingga adanya surat keputusan resmi dari Dinas Kesehatan.

“Kita belum bisa memastikan apakah keduanya batal berangkat, namun untuk 12 hari kedepan kita lihat perkembangan kesehatan jamaah tersebut. Semoga saja menjelang keberangkatan nantinya jamaah itu bisa sembuh, dan untuk hal lainnya harus di putuskan oleh Dinas Kesehatan pada hari H nanti melalui surat resmi,” ungkap Ahmad Supardi.


Baca Juga :
Tabrakan Maut di Indragiri Hilir (Inhil), Tiga Korban Luka Serius 

Kegiatan manasik haji tingkat kabupaten Rohul dibuka oleh Kepala Bagian Kesra Setda Rohul, H. Anisbar. Dalam sambutannya, dirinya mengatakan ibadah haji merupakan kewajiban semua umat muslim bagi yang mampu. Disebutkananya lagi, bahwa dalam menunaikan ibadah haji tidak pernah ada manusia yang menjadi miskin karena telah mengeluarkan materi yang banyak untuk berangkat haji.

“Sehingga saya mengajak, agar seluruh Calon Jamaah Haji (CJH)  menghilangkan pikiran-pikiran yang tidak baik tersebut, karena hal itu hanya akan mengurangi kekhusukan dalam menjalani ibadah nantinya,” imbau Anisbar

Kabag Kesra H. Anisbar juga menghimbau, agar seluruh CJH Rohul dapat selalu menjaga kesehatan fisik, karena selain beribadah kesehatan fisik juga merupakan prioritas utama dalam melaksanakan ibadah haji. CJH sesampainya di tanah suci nantinya agar bisa mendo,akan megeri Rohul agar terhindar dari musibah dan bisa lebih baik lagi untuk kedepannya.

“Seluruh Calon Jamaah Haji (CJH) saya harapkan, bisa mengikuti manasik haji kabupaten. Jangan lupa untuk mendo’akan negeri Rohul agar lebih baik lagi kedepannya dan terhindar dari segala musibah,” harapnya.

Tahun 2016 ini menurut Anisbar, pelaksanan keberangkatan CJH melalui Bandara Tuanku Tambusai sebagai bentuk perhatian Pemkab Rohul dalam membantu untuk keberangakatan domestik dengan sharing dana Rp430 juta.




R24/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru