riau24 Buka Lahan Kebun Karet, Warga Tak Sengaja Temukan Air Terjun di Persing Ini | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Kepulauan Riau

Buka Lahan Kebun Karet, Warga Tak Sengaja Temukan Air Terjun di Persing Ini

0
Berita Riau -  Buka Lahan Kebun Karet, Warga Tak Sengaja Temukan Air Terjun di Persing Ini

Kepri, Riau24.com- Selain pesona pantainya, Desa Persing, Provinsi Kepulauan Riau ternyata juga memiliki potensi wisata air terjun yang tersembunyi di pedalaman hutan Persing yaitu air terjun batu beganjal.


Sebanyak 15 orang Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan 2016 Desa Persing hari ini, Jumat (5/8/2016) melakukan penelusuran ke air terjun batu beganjal yang belum banyak diketahui masyarakat.


Perwakilan Perangkat Desa Persing, Wadi menjelaskan kurangnya informasi mengenai potensi wisata ini kepada khalayak luar mengakibatkan objek wisata air terjun Batu Beganjal tak banyak disambangi oleh wisatawan.


"Orang sini juga belum banyak yang tau, jadi informasi ke luar juga tidak banyak sehingga wisatawan masih jarang kesini," ujar Wadi.


Wadi menyebut, sebenarnya keberadaan air terjun batu beganjal ini belum lama diketahui oleh warga. "Orang pertama tau karena tidak sengaja sedang membuka lahan perkebunan karet di tengah hutan," sebutnya.


Pemimpin ekspedisi ke air terjun batu beganjal yang juga salah satu mahasiswa KKN Kebangsaan, Lusman menceritakan akses menuju lokasi air terjun batu beganjal terbilang cukup jauh dari pusat keramaian Desa Persing.


"Perjalanan ditempuh dengan sepeda motor selama 30 menit menuju wisata air panas di Dabo Singkep. Berhubung akses ke dalam hutan belum dijamah warga, maka kami berjalan kaki melewati jalan setapak dan beberapa anak sungai," terang Lusman.


Lusman yang juga merupakan mahasiswa Universitas Andalas Padang ini mengatakan air terjun batu beganjal memiliki 5 tingkatan yang masing-masing setinggi sekitar 50 meter dari dasar hingga ke puncaknya. Debit air yang tidak terlalu besar dapat dimanfaatkan pengunjung untuk memanjat atau menelusuri tebing-tebing batu agar sampai di puncak air terjun.


“Sebenarnya air terjunnya luar biasa, sangat disayangkan apabila tidak dikelola. Pemandangannya juga tidak kalah cantik dengan air terjun yang sudah terkenal di Jawa ataupun di Sumatra. Aksesnya juga cukup menantang buat para pengunjung yang suka tantangan,” pungkasnya.


R24/uci

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru