riau24 Dinkes Riau Taja Pelatihan Tenaga Pelatih Program Kesehatan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Pekanbaru

Dinkes Riau Taja Pelatihan Tenaga Pelatih Program Kesehatan

0
Berita Riau -  Dinkes Riau Taja Pelatihan Tenaga Pelatih Program Kesehatan

Pekanbaru, Riau24.com- Dinas Kesehatan Provinsi Riau menaja kegiatan pelatihan Tenaga Pelatih Program Kesehatan (TPPK) yang dimulai pada hari Senin (1/8/16) dan berakhir hari ini, Jum'at (5/8/16).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) promosi kesehatan yang berkualitas dan potensial dengan dukungan anggaran DPA-SKPD tahun 2016.

Promosi kesehatan sendiri adalah salah satu agenda utama dalam pembangunan kesehatan Nasional. Strategi kesehatan yang selama ini dikenal dengan Advokasi, Bina Suasana dan Gerakan Pemberdayaan Masyarakat (ABG) menunjukkan tiga strata masyarakat yang perlu digarap.

"Strata primer, masyarakat langsung perlu digerakkan peran aktifnya melalui upaya gerakan atau pemberdayaan masyarakat seperti halnya posyandu," ujar Farida Hanum selaku Kepala Bidang Pomkres dan Kesga, Jum'at (5/8/16) dalam penutupan pelatihan ini.

Selain itu, katanya lagi, adalah strata sekunder yang merupakan para pembuat opini di masyarakat. Strata ini perlu kiranya untuk dibina sehingga dapat menumbuhkan norma perilaku atau budaya baru agar diteladani masyarakat.

Strata terakhir yaitu tersier, para pembuat keputusan dan penentu kebijakan yang perlu dilakukan Advokasi melalui berbagai cara pendekatan sesuai keadaan, masalah serta potensi yang ada. Pendekatan ini dilakukan agar kebijakan yang dibuat berwawasan sehat dan memberikan dampak positif bagi kesehatan.

Dalam mengaplikasikan promosi kesehatan, diperlukan tenaga-tenaga promosi kesehatan yang handal sehingga mampu menjembatani program dengan mitra-mitra kesehatan potensial.

"Diharapkan dengan ini, mampu mendorong kemandirian masyarakat secara optimal guna mewujudkan tatanan keluarga sehat yang akhirnya dapat mewujudkan Indonesia sehat," sambung Farida.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru