riau24 Pelaksanaan Pembangunan Bantuan Bangunan Rumah Bagi Warga Rohul Dilaksanakan Tahun Ini | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Bantuan Bangunan Rumah

Pelaksanaan Pembangunan Bantuan Bangunan Rumah Bagi Warga Rohul Dilaksanakan Tahun Ini

0
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rohul, T Hery Islami ST MT
Berita Riau -  Pelaksanaan Pembangunan Bantuan Bangunan Rumah Bagi Warga Rohul Dilaksanakan Tahun Ini

Rohul, Riau24.com - Tahun ini dilaksanakan pembangunan 444 unit rumah melalui program Bantuan Bangunan Rumah (BBR), yang dikuncurkan dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI ke sejumlah desa di Rokan Hulu (Rohul).
Diharapkan, masyarakat agar ikut mengawasi pelaksanaan pembangunan rumah dari program BBR tahun 2016 ini.

Baca Juga :
Pemkab Rohil Berikan Bantuan Rumah Bagi Masyarakat Rohil yang Kurang Mampu 
 

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Rohul, T Hery Islami ST MT, Selasa (9/8/2016). Ia mengakui saat ini dalam tahap pengerjaan yang sudah mencapai 50 persen.

Kata Hery lagi, Bantuan Bangunan Rumah (BBR) dari dana APBN tersebut bertujuan untuk membantu warga yang memiliki rumah rawan banjir agar dapat direlokasi ke kawasan lebih tinggi.
Dimana bantuan BBR diberikan dalam bentuk bahan bangunan yang nilainya Rp 20 juta untuk per unitnya.

“Dengan sudah berjalannya kegiatan pembangunan BBR di masing-masing desa, saya menghimbau masyarakat khusus pemilik bangunan untuk mengawasi seluruh kegiatan pembangunan rumah tersebut layaknya rumah sendiri, walupun dalam bentuk bantuan dari pemerintah,” imbau Hery.


Baca Juga :

Gagal Kudeta, Perwira Militer Turki Minta Suaka di AS

Juga diingatkan, agar masyarakat mengawasi pelaksanaan pekerjaan yang dilakukan tukang dan jangan biarkan tukang mengerjakan sendiri tanpa pengawasan. Kemudian terkait sertifikasi lahan, dirinya menghimbau agar masyakat melakukan inventarisasi ulang dan melaporkannya langsung ke Disosnakertrans Rohul.

Hal itu bertujuan agar tanah tersebut tidak bermasalah, baik dalam segi objek, ukuran maupun letaknya. Itu nantinya juga memudahkan tim yang lakukan verifikasi dan identifikasi lahan telah sesuai dengan objek, luasan dan peruntukannya.

“Sertifikasi tanah harus dilakukan masyarakat, dan dilaporkan ke kita, agar tanah ini tidak bermasalah nantinya,” jelas Kadisoskertrans.

Menurutnya penerima Bantuan Bangunan Rumah (BBR) tahun 2016 ini tersebar di 3 desa, yakni 153 Kepala Keluarga (KK) di Desa Pekan Tebih, Kecamatan Kepenuhan Hulu, lalu 80 KK di Desa Rambah Hilir Timur kecamatan Rambah Hilir, kemudian 60 KK di Desa kepenuhan Barat, Kecamatan Kepenuhan.


Baca Juga :
Satu Prajurit Korem 031/Wirabima Dipecat karena Terlibat Narkoba 
 

BBR berbeda dengan bantuan rumah layak huni untuk masyarakat kurang mampu. Karena, bantuan BBR diperuntukan bagi warga yang bersedia di relokasi dari daerah rawan banjir tanpa memandang status sosial. Setiap KK yang direlokasi mendapat bantuan bahan bangunan senilai Rp20 juta, sementara untuk lahan dan biaya pengerjaan rumah ditanggung masyarakat.

Bantuan BBR tahun ini, kelanjutan dari program Kemensos 176 BBR RI 2015 yang sukses teralisasi 98 persen. “Karena realisasi penyaluran BBR di Rohul terbaik nasional, sehingga Kemensos tahun ini tingkatkan jumlah Bantuan Bangunan Rumah (BBR) tersebut 2 kali lipat jadi 444 unit,” ungkapnya. 


R24/ags 

 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru