riau24 Kementerian Perhubungan RI Akan Bangun Rel Kereta Api Di Kabupaten Kuansing | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Pembangunan Rel Kereta Api

Kementerian Perhubungan RI Akan Bangun Rel Kereta Api Di Kabupaten Kuansing

0
Kementerian Perhubungan RI Akan Bangun Rel Kereta Api Di Kabupaten Kuansing
Berita Riau -  Kementerian Perhubungan RI Akan Bangun Rel Kereta Api Di Kabupaten Kuansing

Kuansing, Riau24.com - Adanya wacana dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia untuk membangun jalur rel kereta api di hampir seluruh wilayah Riau termasuk Kabupaten Kuantan Singingi sangat direspon positif oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuansing.

Bahkan pertemuan telah dilakukan dengan Pemkab Kuansing bersama Komisi D DPRD Riau pada tahun 2015 silam.

Menanggapi adanya wacana tersebut, mantan Wakil Bupati Kuansing Drs. H. Zulkifli, MSi kepada Riau24.com (Rabu, 10/8) sangat menyambut baik hal tersebut. Karena dulu di zaman kemerdekaan daerah ini (Kuansing) juga pernah dilintasi rel kereta api.

"Tapi dulu kan kereta api dipergunakan oleh para pemerintah kolonial Belanda dan digunakan hanya untuk mengangkut batu bara saja," paparnya.


Baca Juga :
Telan Anggaran Rp.80 Miliar, Rel Kereta Api Bukit Kapur - Dumai di Bangun Tahun Ini

Buktinya, di beberapa daerah yang pernah dilintasi jalur kereta api, masih ada lintasan rel kereta api tersebut seperti Desa Logas Kecamatan Singingi, Desa Tanjung Pauh Kecamatan Singingi Hilir dan Desa Koto Kombu Kecamatan Hulu Kuantan.

Ketika ditanya wacana tersebut, menurutnya tentu saja berdampak positif untuk memajukan daerah, karena sejumlah daerah akan cepat berkembang.

"Kita tahu bahwa lintasan rel kereta api tidak berada di pinggir jalan raya ini, akan tetapi di daerah perbukitan dan dataran rendah, seperti dari Desa Logas tembus ke Desa Koto Kombu terus ke Muaro Sijunjung," tuturnya.


Baca Juga :
Trik Jika Mobil Mendadak Mogok di Rel Kereta Api
 

Dijelaskannya, pembangunan rel kereta api di Kuansing akan dilakukan pada tahun 2017 mendatang dan jika rel kereta api tersebut selesai dibangun tentu akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat setempat dan perkembangan wilayah.

Direncanakan ruas jalur transportasi kereta api yang digagas Kemenhub, memiliki rute  Pekanbaru-Teluk kuantan terus menuju Kabupaten Muaro Sijunjung Sumatera Barat, dengan panjang sekitar 164 kilometer.



R24/zar 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru