riau24 Siak Jadi Kabupaten Percontohan Pengurusan Izin Usaha Mikro dan Kecil | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Kabupaten Siak

Siak Jadi Kabupaten Percontohan Pengurusan Izin Usaha Mikro dan Kecil

0
Siak Jadi Kabupaten Percontohan Pengurusan Izin Usaha Mikro dan Kecil
Berita Riau -  Siak Jadi Kabupaten Percontohan Pengurusan Izin Usaha Mikro dan Kecil

Pekanbaru, Riau24.com - Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 98 tahun 2014 tentang pemberian izin usaha mikro dan kecil dari Bupati ke camat, Kabupaten Siak menjadi daerah percontohan di tingkat nasional terkait aplikasi dari perairan ini.

"Seperti yang telah disampaikan oleh bapak Gubernur Riau, kita menjadi percontohan nasional mengenai peraturan pemerintah ini sehingga banyak orang belajar ke Siak," ujar Syamsuar, Bupati Kabupaten Siak, Kamis (11/8/16).

Menurutnya, banyaknya daerah lain yang tergerak untuk belajar ke Kabupaten Siak disebabkan karena kabupaten ini merupakan daerah tercepat dalam mengaplikasikan peraturan ini di Riau, bahkan lebih cepat dari peraturan presiden yang dikeluarkan pada tahun 2014.

[Siak Jadi Kabupaten Percontohan Pengurusan Izin Usaha Mikro dan Kecil]
 

"Kita menjadi kabupaten paling cepat di Riau dalam pengaplikasian peraturan presiden tersebut. Kita tahun 2012 sudah melimpahkan itu," ujar Syamsuar usai laksanakan hari koperasi di Kabupaten Siak.

Jelasnya lagi, dengan terealisasikan peraturan ini, sangat memudahkan masyarakat soal perizinan dan menimbulkan minat yang cukup besar di Siak. Terdata sebanyak 301 koperasi yang beroperasi di Kabupaten Siak.

"Ada 301 koperasi di siak, dalam bentuk Koperasi Unit Desa (KUD) sebanyak 25 untuk bagian sawit. Kemudian kita sudah usulkan ke Menteri Koperasi dan UKM tahun 2014 sebanyak 73 yang tidak aktif dan ini sudah ada lagi yang diusulkan yakni 87. Kita minta untuk diproses dan diputuskan saja karena sudah tidak aktif," pungkas Syamsuar.

[Berikut Penerima Penghargaan Koperasi terbaik Se-Riau]
 

Sementara untuk Provinsi Riau sendiri, kondisi perkembangan koperasi pada saat ini berjumlah 5000 sampai 5185 tersebar di setiap kelurahan desa pada 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dengan jumlah anggota 545.742 orang.

Dari jumlah koperasi yang terdata tersebut, koperasi yang aktif sebanyak 3051 unit dan koperasi yang tidak aktif berjumlah 2134 unit. Sedangkan Usah Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) berjumlah sebanyak 535.135 unit dengan rincian usaha mikro sebanyak 378.453 unit, usaha kecil sebanyak 149.263 unit dan usaha menengah sebanyak 79.399 unit. "Jumlah ini tentunya merupakan potensi yang cukup besar apabila difungsikan secara maksimal," sambung Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru