riau24 Hiu Tertua Hidup Di Laut Atlantik Utara | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Hiu

Hiu Tertua Hidup Di Laut Atlantik Utara

0
Riau24.com - Spesies hiu misterius ditemukan di laut Atlantik Utara baru-baru ini. Hiu tersebut berukuran lebih besar dari biasanya dan diperkirakan paling tua dibandingkan sepsies sejenis yang ada di bumi.
Berita Riau -  Hiu Tertua Hidup Di Laut Atlantik Utara

Riau24.com - Spesies hiu misterius ditemukan di laut Atlantik Utara baru-baru ini. Hiu tersebut berukuran lebih besar dari biasanya dan diperkirakan paling tua dibandingkan sepsies sejenis yang ada di bumi.

Penelitian terbaru mendapatkan penampakan langka dari hiu yang sedang berenang di perairan Atlantik Utara dekat Greenland. Diperkirakan hiu tersebut dapat hidup hingga 400 tahun merujuk pada jurnal penelitian yang dipublikasikan pada Kamis (11/08) lalu.

Seperti dikutip dari Huffington Post, Senin (15/08/2016), para peneliti dari Universitas Kopenhagen secara tidak sengaja mendapatkan penampakan hiu tersebut ketika sedang melakukan penelitian di Laut Atlantik Utara.

"Kita sedang melakukan penelitian sumber daya alam dan melakukan survei ikan tahunan untuk memantau stok spesies ikan komersil seperti Atlantic Cod, udang dan Greenland Halibut," tulis seorang mahasiswa Universitas Kopenhagen, Julius Nielsen.

"Hiu misterius itu ditemukan oleh peneliti dengan beberapa luka. Kita kemudian mengambil keuntungan dari penampakan ini untuk mengambil sampel dari penelitian yang dilakukan selama bertahun-tahun ini," ujarnya.

Para peneliti menggunakan metode komplikasi untuk mengetahui usia dari hiu tersebut. Salah satunya, bagaimana para peneliti mengukur jumlah karbon dalam lensa mata hiu dan digunakan sebagai penanda untuk menentukan usia relatif mereka.

Dengan menggunakan teknik tersebut, para ilmuwan berkesimpulan hiu-hiu yang memiliki panjang 2,2 meter lahir pada tahun 1960-an. Sedangkan hiu lainnya yang lebih kecil ukurannya lahir pada 1963.

Hiu yang ditemukan di Greenland ini menjadi terbesar kedua setelah hiu putih menurut para peneliti dari Grup peneliti hiu di Greenland. Para peneliti mengungkapkan, penampakan hiu ini jarang terjadi karena biasanya mereka menghabiskan hidupnya di perairan laut dalam dan membutuhkan penyelaman untuk menemuinya.

R24/JEF 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru