riau24 260 Hektar Lahan Gambut di Bonai Terbakar, Kapolres Rohul Sampai Sholat di Lahan Yang Terbakar | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Rokan Hulu

260 Hektar Lahan Gambut di Bonai Terbakar, Kapolres Rohul Sampai Sholat di Lahan Yang Terbakar

0
Foto Kapolres Rohul sholat di lahan yang terbakar
Berita Riau -  260 Hektar Lahan Gambut di Bonai Terbakar, Kapolres Rohul Sampai Sholat di Lahan Yang Terbakar
Rohul, Riau24.com - Sebanyak 260 hektar lahan gambut yang tersebar di tiga titik di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dilaporkan mengalami kebakaran.

Pemadaman titik api di ratusan hektar lahan gambut milik perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Andika Permata Sawit Lestari (APSL), dan perusahaan konsesi akasia PT. Bina Daya Bentala (BDB) dipimpin langsung Kapolres Rohul AKBP Yusup Rahmanto, melibatkan personil TNI, masyarakat, dan karyawan perusahaan.

Baca Juga :
Jadi Korban Pencurian, Uang Rp3 Juta Dalam Tas Milik Seorang Nenek Renta Raib 

AKBP Yusup ikut memadamkan titik api di Dusun 2 Kasang Salak Desa Bonai. Meski sibuk, Perwira Polri ini tetap sempatkan diri shalat lima waktu di lahan gambut. Bahkan, foto Kapolres Rohul yang tengah shalat diunggah ke media sosial (Facebook), dan mendapat atensi dari netizen.

"Sampai saat ini terhadap lahan-lahan yang terbakar masih diupayakan pemadaman," ujar Kapolres Rohul, melalui Paur Humas Polres Rohul IPDA Efendi Lupino, Senin.

IPDA Efendi mengatakan sampai hari ini, Senin, kebakaran lahan di Kecamatan Bonai Darussalam masih terjadi, dan sudah menyebar ke tiga titik atau lokasi.

Seperti di Dusun 3 Kasang Salak Desa Bonai, lahan gambut sekira 200 hektar dikuasai PT. APSL, sudah ditanami kelapa sawit, terpantau hangus terbakar.

Sedikitnya 8 petugas dari Tim Satgas Karlahut Rohul, dibantu 100 karyawan PT. APSL masih berjibaku memadamkan titik api pakai 2 mini striker, dibantu 3 mobil tangki terdiri 1 mobil milik BPBD Rohul, dan 2 mobil milik PT. APSL. Kemudian 5 mesin pompa air merk Robin, dan 4 excavator.

Sesuai versi Google Maps, kebakaran lahan gambut berada di Desa Putat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), di titik koordinat N. 1,332 E. 100. 82642.

Baca Juga :
Camat Rambah Kagum Dengan Diterapkannya Budaya Salam di SDN 001

Titik Karlahut kedua ada di Dusun 2 Desa Kasang Salak Kecamatan Bonai Darussalam. Lahan gambut sekira 30 hektar, merupakan lahan konsesi akasia PT. BDB yang saat ini dikuasai oknum masyarakat. Lahan semak belukar yang sudah disisip tanaman kelapa sawit hangus terbakar.

Pemadaman titik api di koordinat N. 1,303 E. 100,90304 melibatkan 33 petugas gabungan, terdiri 21 personil Polres Rohul, 6 personil Polsek Bonai Darussalam, 6 karyawan PT. BDB. Petugas hanya pakai 2 mini striker dan satu mesin pompa air merk Robin.

Sedangkan di titik ketiga, berada di Dusun 3 Tanjung Pauh Desa Bonai Darussalam Kecamatan Bonai Darussalam, sekira 30 hektar lahan konsesi PT. DBD yang masih semak belukar juga ikut mengalami kebakaran.

Sedikitnya 10 karyawan PT. BDB diterjunkan untuk memadamkan titik api yang membakar lahan semak belukar, pakai 2 unit mini striker, dan 1 unit Tohatsu.

"Proses pemadaman kebakaran lahan masih berlangsung," tandas IPDA Efendi.



R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru