riau24 Distanak Riau akan Perketat Pengawasan dan Tata Niaga Hewan qurban | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Distanak Riau akan Perketat Pengawasan dan Tata Niaga Hewan qurban

0
Berita Riau -  Distanak Riau akan Perketat Pengawasan dan Tata Niaga Hewan qurban
 
Pekanbaru, Riau24.com - Instansi Distanak Provinsi Riau melakukan pengawasan ekstra terhadap tata niaga bagi hewan qurban, khusus yang masuk dari luar daerah Riau untuk memenuhi tinggi kebutuhan permintaan jelang Idul Adha.
 
"Kami ini sudah menginstruksikan agar pemerintah kabupaten/kota untuk melakukan pengawasan di jalur-jalur masuknya akan hewan qurban dari luar daerah. Disebab ini sangat penting sekali, didalam hal menjamin ketersedian hewan qurban," kata Patrianov, Senin.
 
Kepala Distanak Provinsi Riau ini, mengatakan, pihaknya dalam hal itu melakukan penghitungan atas kebutuhan hewan qurban, khusus sapi, terus terjadi peningkatannya tiap tahun. Kebutuhan ini ujarnya, belum bisa dipenuhi dari produksi petani atau pun peternak Riau.
 
Patrianov mengatakan, sapi-sapi ini didatangkannya pedagang dari luar daerah, dalam hal memenuhi kebutuhan Idul Adha. Dimana itu, sebahagian besar dari Sumatera Barat, Lampung, serta Sumatera Utara. "Sebahagian besar ternak sapi provinsi tetangga," ujarnya. 
 
Kesempatan itu, Patrianov sebut, selain pengawasan terhadap sapi tersebut, juga ada dilakukan atas pengawasannya tata niaga hewan qurban. Dimana ini telah dibentuk tim mengawasi harga ternak sapi tersebut. Nanti bekerjasama juga ini Badan Karantina Pertanian.
 
Pemeriksaan, katanya, dilakukan terhadap kendaraan mengangkut hewan ternak, baik menggunakan truk mau pun itu ada yang melalui kapal. "Hewan qurban yang dijual itu, harusnya dibekali surat-surat keterangan sehat yang diterbitkan Diskes dan Distanak," katanya.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru