riau24 Iven Pacu Jalur Tahun Ini Akan Hadirkan Duta Besar Belanda | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pekanbaru

Iven Pacu Jalur Tahun Ini Akan Hadirkan Duta Besar Belanda

0
Berita Riau -  Iven Pacu Jalur Tahun Ini Akan Hadirkan Duta Besar Belanda

Pekanbaru, Riau24.com- Dalam Rangka memperingati HUT RI ke-71, Pemerintah Kuantan Singingi gelar iven pacu jalur yang direncakan akan menghadirkan beberapa Duta besar yang salah satunya adalah Duta Besar Belanda.

Iven pacu jalur yang dilaksanakan setiap tahun ini akan dilangsungkan pada tanggal 25 hingga 28 Agustus mendatang. "Iven pacu jalur akan mengundang beberapa duta besar yang salah satunya adalah Duta besar Belanda," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau, Famizal Usman.

Dikatakannya, hal ini dilakukan karena dalam sejarah, pacu jalur sudah dilaksanakan sekitar satu abad yang lalu pada masa penjajahan untuk memperingati ulang tahun Ratu Wilhelmina.

"Itu dulunya waktu jaman penjajahan untuk memperingati hari ulang tahunnya ratu Wihelmina. Namun sejalan dengan berjalannya waktu sekarang pacu jalur itu dilaksanakan untuk memperingati HUT RI," kata Famizal beberapa waktu lalu.

Sebab, Iven Pacu Jalur Tahun Ini akan mengangkat unsur sejarah berkaitan dengan telah ditetapkannya Iven ini sebagai warisan budaya tak benda Nasional.

"Jadi kita bersama Dinas Pendidikan dan kebudayaan beserta Lembaga Adat Melayu ( LAM) Provinsi Riau akan menggali catatan-catatan sejarah berkaitan dengan iven pacu jalur ini sebab pacu jalur itu sudah dianggap sebagai suatu warisan budaya tak benda Nasional. Hal ini merupakan satu legasi yang dimiliki Pemerintah Provinsi Riau yang harus kita lestarikan," terangnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru