riau24 Ini Pesan Tersirat Dibalik Iven Pacu Jalur | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Pacu Jalur

Ini Pesan Tersirat Dibalik Iven Pacu Jalur

0
Ini Pesan Tersirat Dibalik Iven Pacu Jalur
Berita Riau -  Ini Pesan Tersirat Dibalik Iven Pacu Jalur

Pekanbaru, Riau24.com - Tak ada yang menyangka ternyata makna tersirat dari Iven pacu jalur adalah untuk mengimbau masyarakat agar menjaga lingkungan untuk melanjutkan kehidupan manusia.

"Harus kita ketahui satu yang tersirat di dalam festival pacu jalur ini adalah adanya pesan lingkungan di sini. Bahwa dipahamkan masyarakat harus menjaga lingkungan untuk melanjutkan proses kehidupan umat manusia ya," terang Fahmizal Usman selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Riau.

[Pemkab Bangun Dua Tribun Finish Lagi]
 

Dijelaskan Fahmizal, sampan yang digunakan dalam festival Pacu Jalur adalah terbuat dari sebatang pohon utuh yang bisa dinaikin oleh 40 hingga 60 Pendayung. Dengan artian, masyarakat harus menjaga hutan demi kelangsungan festival ini.

"Sampannya itu terbuat dari ohon utuh tanpa putus jadi kalau masyarakat tidak menjaga lingkungan dalam hal ini hutan, kemana lagi mereka harus membuat perahu ini. Itulah salah satu pesan yang terkandung di dalam perayaan itu," ujar Fahmizal beberapa waktu lalu.

[Iven Pacu Jalur Tahun Ini Akan Hadirkan Duta Besar Belanda]
 

Salah satu warga Kota Pekanbaru yang ditemui Riau24.com, Lia mengatakan, selama ini perayaan Pacu Jalur dianggapnya hanya sebuah permainan rakyat biasa.

"Wah, sarat akan makna ya. Saya pikir selama ini hanya permainan rakyat biasa atau mungkin sejarahnya sungai ini menjadi transportasi utama masyarakat jaman dulu. Makanya ada perataan ini. Saya baru tahu loh informasi ini," kata wanita paruh baya ini keheranan.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru