riau24 Terima Remisi HUT RI ke-71, Empat Napi di Rohul Bebas | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

HUT RI Ke-71

Terima Remisi HUT RI ke-71, Empat Napi di Rohul Bebas

0
Terima Remisi HUT RI ke-71, Empat Napi di Rohul Bebas
Berita Riau -  Terima Remisi HUT RI ke-71, Empat Napi di Rohul Bebas

Rohul, Riau24.com - 261 narapidana Lapas Klas II B Pasirpangaraian, Rokan Hulu (Rohul) menerima remisi HUT RI ke-71, dari jumlah 558 narapidana.

Dimana, dari 281 narapidana (Napi) , empat diantaranya langsung bebas.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rohul, H. Sukiman yang menghadiri acara pemberian remisi umum kepada Napi dan anak didik pemasyarakatan dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke -71 di lembaga pemasyarakatan Kelas II B Pasirpengaraian, langsung memberikan selamat kepada Napi yang ‎Bebas.

"Kepada Napi yang bebas, jangan diulang lagi perbuatanya, karna sudah banyak mendapat pembinaan disini, diharapkan ‎kalau sudah bisa bebas bisa kembali ke jalan yang benar," katanya, Rabu (17/8) disela-sela acara remisi.

[Upacara HUT RI ke-71, Aksi Marching Band Gita Praja Rohul Curi Perhatian]
 

Ia menambahakan, banyak pembelajaran yang didapat di dalam lapas ini, seperti keterampilan-keterampilan yang di sajikan pada lapas Ekpo tadi. Untuk itulah setelah bebas keterampilan tersebut bisa diterapkan dalam mencari Rezki.

Lebih lanjut dijelaskanya, bagi Napi yang belum mendapat remisi, bisa meningkatkan kembali tingkah laku dan sikapnya. Sehingga tahun depan bisa mendapat remisi.

Terkait, kapasitas yang over di Lapas kelas II B, pihaknya akan mencoba menganggarkanya ‎pada APBD Rohul. Jika keuangan dan kondisi pemkab Rohul memadai, tentunya permintaan penambahan blok akan direalisasikan.

[Saat Pimpin Upacara HUT RI ke-71, Kades Rimbo Makmur Mohon Gubri Selesaikan Konflik Tapal Batas Rohul dengan Kampar]
 

"Semoga para Napi disini bisa keratif dan saat keluar bisa menerapkanya di luar lapas. Apalagi tadi saya lihat karya-karya Napi tadi bagus semuanya," imbuhnya.

Masih ditempat yang sama, Kepala Lapas Klas II B Pasirpangaraian, Misbahuddin, menerangkan awalnya 261 Napi diajukan untuk menerima remisi HUT RI ke-71. Dan sesuai keputusan Kementrian Hukum dan HAM, seluruh pengajuan diterima.

Remisi diberikan ke 261 narapidana merupakan sebagai hadiah bagi warga binaan Lapas Klas II B Pasirpangaraian yang berkelakuan baik selama menjalani pembinaan.

Misbahuddin mengungkapkan 261 warga binaan yang mendapatkan remisi, dan 4 narapidana langsung bebas, sedangkan selebihnya Napi mendapat masa pengurangan tahanan bervariasi terdiri remisi 1 bulan, remisi 2 bulan, remisi 3 bulan, 4 bulan, 5 bulan, dan remisi 6 bulan.

[SAMPAH Tuntut Tangkap Pelaku Dugaan SPPD Fiktif di BKD Rohul]
 

Narapidana yang mendapat remisi pada umumnya terlibat perkara tindak pidana umum, seperti Narkoba, pencurian, pencabulan, dan perkara lainnya.

"Narapidana yang mendapatkan remisi karena sudah memenuhi persyaratan, seperti berstatus narapidana, telah jalani hukuman minimal enam bulan, berprilaku baik selama jalani hukuman, serta taat dan disiplin selama masa pembinaan," jelasnya.

Saat ditanya, apakah ada Napi kasus koruptor yang mendapat remisi, dirinya mengungkapkan ada, yakni 1 orang kasus koruptor yang mendapat remisi.

Misbahuddin mengharapkan remisi HUT RI ke-71 tahun ini, dapat memotivasi seluruh warga binaan yang tengah menjalani pembinaan. Sehingga terus memperbaiki diri, jadi individu baru, serta diterima masyarakat setelah selesai menjalani hukuman.

Di akhir acara, Plt bupati, Ketua DPRD rohul Kelmi Amri, kapolres Rohul, kepala Kejari, serta ketua PN, meninjau hasil karya para Napi


R24/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru