riau24 Berikut 3 Tahapan Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Calon Haji | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Pekanbaru

Berikut 3 Tahapan Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Calon Haji

0
Berita Riau -  Berikut 3 Tahapan Pemeriksaan Kesehatan Jamaah Calon Haji

Pekanbaru, Riau24.com- Jamaah Calon Haji (JCH) asal Riau diberikan tiga tahapan terkait pemeriksaan kesehatan yaitu pertama di Puskesman, selanjutnya pemeriksaan di masing-masing kabupaten/kota dan terakhir pemeriksaan yang dilakukan oleh Kepala Kantor Pelabuhan (KKP).

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Sjafril, diantara semua tahapan tersebut, pemeriksaan ketiga yang dilakukan oleh KKP adalah yang terberat. "Pemeriksaan kesehatan haji ke tiga ini yang terberat karena harus benar- menyeleksi," kata Andra, Kamis (18/8/16).

Dimulai dari pemeriksaan pertama, jelas Andra, Puskesmas  tersebut sudah dibina. Bila suatu penyakit terdeteksi dari awal maka dapat dilakukan upaya-upaya untuk jaga kesehatan. Ia melanjutkan, dengan pemeriksaan kesehatan dan pembinaan sejak awal maka ibadah haji akan lebih lancar. Sehingga pada pemeriksaan akhir di Batam jelang keberangkatan ke Mekkah , tidak ada yang tertunda atau batal.

Andra menjelaskan Istithaah pelayanan kesehatan jamaah haji di Riau itu berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yakni menteri kesehatan, menteri perhubungan dan menteri agama. Istithaah ini terbagi menjadi tiga bagian.

"Diantaranya memenuhi syarat kesehatan haji, memenuhi syarat kesehatan haji  dengan pendampingan, tidak memenuhi syarat istithaah kesehtan haji untuk sementara ini yg disebut keberangkatan di tunda, kemudian tidak memenuhi syarat kesehatan haji," kata Andra

Andra mengimbau kepada seluruh JCH yang sudah mendaftar namun belum tiba jadwal keberangkatannya, agar menjaga kesehatan. "Daftarkan diri di BPJS, jadi untuk berangkat itu harus siap fisik dan mental. Karena suhu disana tinggi mencapai 52 derjat celcius," katanya.

Ia menambahkan, JCH dianjurkan untuk banyak minum air putih atau air zam zam. Jangan minum air dingin yang mengakibatkan peradangan pada tenggorokan. "Jadi jaga kesehatan, jaga fisik," pungkasnya.

R24/ntg

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru