riau24 Nasionalisme Kian Pudar di Generasi Muda, Plt Bupati Rohul Minta Pelajaran P4 Kembali Diajarkan di Sekolah | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

HUT RI Ke-71

Nasionalisme Kian Pudar di Generasi Muda, Plt Bupati Rohul Minta Pelajaran P4 Kembali Diajarkan di Sekolah

0
Nasionalisme Kian Pudar di Generasi Muda, Plt Bupati Rohul Minta Pelajaran P4 Kembali Diajarkan di Sekolah
Berita Riau -  Nasionalisme Kian Pudar di Generasi Muda, Plt Bupati Rohul Minta Pelajaran P4 Kembali Diajarkan di Sekolah

Rohul, Riau24.com - Dengan kian menipisnya pengamalan dari nilai-nilai Pancasila di kalangan masyarakat Khusunya generasi muda, membuat prihatin Plt Bupati Rohul H.Sukiman bersempena Hari Kemerdekaan RI ke 71. Sehingga dirinya meminta, agar mata pelajaran Pedoman Penghayatan dan Pengalaman Pancasila (P4) perlu diaajarkan kembali menjadi kurikulum di sekolah-sekolah.

Itu disampaikan Plt Bupati Rohul, H Sukiman, usai menjadi Inspektur Upacara di Peringatan detik-detik HUT kemerdekaan RI ke 71, yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Rohul, Pasir Pangaraian, Rabu (17/8/2016).

[Kebakaran Lahan Gambut di Bonai Rohul Meluas, 290 Hektar Terbakar]
 

Kata H Sukiman lagi, menipisnya nilai kebangsaan dan pengamalan Pancasila di kalangan masyarakat, karena disebabkan pengaruh globalisasi. Pengaruh globalisasi sudah membuat masyarakat cenderung berprilaku individualistic. Nilai-nilai Pancasila saat ini, terlihat tidak lagi menjiwai perilaku masyarakat Indonesia hal ini di tunjukan dengan memudarnya semnagat gotong royong (goro) yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia sejak dulu.

“Saat ini, sudah tidak terlihat lagi semangat goro, kebersamaan, serta semangat tenggang rasa diantara unsur-unsur masyarakat Indonesia. Kemudian, nilai-nilai Pancasila sudah tidak lagi dijiwai masyarakat. Sehinga saya meminta, perlu kurikulum P4 dihidupkan kembali karena sangat penting dalam memberikan bimbingan bagi generasi muda, untuk bersikap dan bertingkah laku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” harap Plt Bupati Rohul.

[Ketua DPRD Rohul Minta Pejabat dan ASN Tingkatkan Profesionalitas]
 

Selain menghidupkan Kembali Kurikulum P4 ke generasi muda, pemahaman akan 4 pilar kebangsaan juga jadi salahsatu hal penting untuk ditanamkan kepada generasi muda sejak dini. Bila hal itu dilakukan diharapkan Degradasi nasionalisme dikalangan generasi muda bangsa ini dapat di cegah.


R24/ags

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru