riau24 Kartu Identitas Anak Disosialiasikan Oleh Disdukcapil Kota Dumai | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Kartu Identitas Anak (KIA)

Kartu Identitas Anak Disosialiasikan Oleh Disdukcapil Kota Dumai

0
Kartu Identitas Anak Disosialiasikan Oleh Disdukcapil Kota Dumai
Berita Riau -  Kartu Identitas Anak Disosialiasikan Oleh Disdukcapil Kota Dumai

Dumai, Riau24.com - Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai kembali menggelar sosialisasi  penerapan Kartu Identitas Anak (KIA).


Baca Juga :
Foto Tidur Bareng Pacar, Zaskia Gotik di Bully Netizens

Sosialisasi itu dibuka oleh Kepala Disdukcapil Kota Dumai Suardi S.Sy didampingi Plt Sekretaris Disdukcapil Kota Dumai Hasan Basri yang juga menjabat sebagai Kabid Data dan Informasi, hadir juga Kepala Bidang Pencatatan Sipil Muhammad Wazir dan Kepala Bidang Kependudukan Rama Ikhwan yang juga bertindak sebagai narasumber.

Sosialisasi yang digelar di Kantor Disdukcapil, Jalan SS Kasim pada Kamis kemarin diikuti para Kabid dan Kasi Perlindungan Anak pada Badan KBPPPA Kota Dumai, Kabid dilingkup Dinas Pendidikan Kota Dumai, Kasi Pemerintahan Kecamatan se-Kota Dumai, Kasi Pemerintahan Kelurahan se Kota Dumai, dan undangan lainnya.

Kepala Disdukcapil Kota Dumai Suardi S.Sy mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi, pemahaman dan prosedur tata cara penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA).

“Sosialisasi tujuannya untuk memberikan informasi, pemahaman dan prosedur tata cara penerbitan KIA,” kata Suardi.


Baca Juga :
Kepala Polri Sambangi KPK, Ada Apa Ini?
 

Dijelaskan Suardi, kegiatan ini dilaksanakan mengacu pada Permendagri Nomor 2 Tahun 2016 tentang KIA dan Kepmendagri Nomor 471.1-866 Tahun 2016 tentang penetapan Kabupaten/Kota sebagai penerbit KIA yang bertujuan meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Berkenaan dengan hal tersebut, maka dalam waktu dekat ini Disdukcapil Kota Dumai akan melaksanakan penerbitan KIA dengan ketentuan sebagai berikut. Penerbitan KIA baru bagi anak kurang dari 5 tahun diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akta kelahiran. Dalam hal anak kurang dari 5 tahun sudah memiliki akta kelahiran, KIA diterbitkan dengan persyaratan foto kopi kutipan akta kelahiran, foto kopi kartu keluarga (KK) dan foto kopi KTP elektronik orang tua atau wali.

Lanjutnya, untuk anak usia 5 tahun sampai dengan usia 17 tahun kurang satu hari dengan persyaratan foto kopi kutipan akta kelahiran, foto kopi KK dan foto kopi KTP elektronik orang tua atau wali ditambah pas photo anak berwarna ukuran 2x3 sebanyak 2 lembar.

“Sedangkan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk anak yang sudah bersekolah akan dilakukan secara kolektif melalui kerjasama dengan pihak sekolah. Semua persyaratan yang ditentukan dikumpulkan melalui masing-masing sekolah,” terang Suardi.

Baca Juga :
Kordinasi Soal SP3 Perusahaan Karlahut oleh Polda, Komisi A DPRD Riau Hari Ini ke DPR RI 
 

Untuk itu, melalui kegiatan sosialisasi tersebut pihaknya memohon bantuan kepada instansi terkait baik dari Badan KBPPPA, Dinas Pendidikan, Pihak Kecamatan, Kelurahan dan instansi terkait lainnya untuk bersama-sama mensukseskan penerapan KIA di Kota Dumai.

Dijelaskan Suardi, berdasarkan lampiran keputusan Mendagri Nomor 471.1-866/2016 tentang penetapan Kabupaten/Kota sebagai pelaksana penerbitan KIA Tahun 2016 Kota Dumai dipercaya menjadi pilot projek pelaksanaan dan penerbitan KIA.

Maka dari itu, tahun ini juga Disdukcapil Kota Dumai akan menerbitkan KIA sebagai bentuk pemenuhan kewajiban kepemilikan dokumen indentitas bagi setiap penduduk yang berusia kurang dari 17 tahun.
Hal ini dilakukan untuk pengakuan negara bagi warga bangsanya, karena KIA merupakan dokumen negara yang diberikan kepada anak.

“Kami minta dukungan dari semua pihak. Peserta sosialisasi pada hari ini agar menyampaikan informasi ini kepada masyarakat di Kecamatan atau di Kelurahannya masing-masing agar penerapan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Dumai dapat berjalan dengan baik dan lancar,” harap Suardi.


R24/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru