riau24 Peneliti Temukan Planet yang Mengandung Oksigen | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Teknologi

Peneliti Temukan Planet yang Mengandung Oksigen

0
Berita Riau -  Peneliti Temukan Planet yang Mengandung Oksigen

Riau24.com - Oksigen dianggap sebagai salah satu prasyarat adanya tanda kehidupan. Karena itu juga kenapa planet-planet selain bumi sampai saat ini belum ditemukan kehidupan.

Tapi, hasil penelitian terbaru para ilmuwan menemukan sebuah planet yang kemungkinan mengandung oksigen. Planet yang diberi nama GJ 1132B ini berada di dekat Venus. Planet ini juga disebut "Salah satu penemuan penting yang berhasil ditemukan di sistem tata surya".

Planet ini diketahui memiliki lapisan atmosfir yang bertemperatur hingga 232 derajat Celcius. Sekarang sebuah studi menemukan atmosfer di planet tersebut tipis dan berpotensi mengandung oksigen. Sayangnya, planet tersebut terlalu panas untuk terdapat kehidupan.

"Di planet yang dingin, oksigen bisa menjadi pertanda awal adanya kehidupan makhluk asing dan habitat kehidupan. Akan tetapi di planet panas seperti GJ 1132B, planet dalam kondisi terpanggang dan terlalu panas," kata astronom dari Harvard, Laura Schaefer, seperti dikutip Daily Mail, Jumat (19/08/2016).

Para peneliti sedang mempelajari apakah planet tersebut memiliki uap yang menandakan adanya air di lapisan atmosfir. Uap air yang ditimbulkan dari efek rumah kaca itu juga menandakan bahwa planet tersebut memiliki kandungan gas.

Hasil dari penelitian tersebut juga diketahui permukaan planet terdapat air yang mencair dari pembekuan selama jutaan tahun. Penemuan lautan magma di permukaannya menandakan adanya interaksi dengan atmosfer yang kemudian mengeluarkan oksigen.

R24/JEF 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru