riau24 Sambutan Bupati Bengkalis Pada Pembukaan Sosialisasi Perda Tentang Bangunan Gedung | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Bupati Bengkalis

Sambutan Bupati Bengkalis Pada Pembukaan Sosialisasi Perda Tentang Bangunan Gedung

0
Sambutan Bupati Bengkalis Pada Pembukaan Sosialisasi Perda Tentang Bangunan Gedung
Berita Riau -  Sambutan Bupati Bengkalis Pada Pembukaan Sosialisasi Perda Tentang Bangunan Gedung

Bengkalis, Riau24.com - Sambutan Bupati Bengkalis yang dibacakan Sekretaris daerah H. Arianto pada acara pembukaan sosialisasi Perda nomor 4 tahun 2015 tentang bangunan gedung.

Kegiatan sosialisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Tata Kota, Tata Ruang dan Pemukiman kabupaten Bengkalis. Dan kegiatan dilaksanakan dilantai II Kantor Bupati Bengkalis, Selasa (23/08/16).

Baca Juga :
Ingat, Bulan Depan Pejabat Dilarang Merokok 

Dalam pengarahannya mengatakan bahwa bangunan gedung adalah wujud fisik hasil pekerjaan konstruksi yang menyatu dengan tempat kedudukannya, sebagian atau seluruhnya berada diatas,dan/atau di dalam tanah dan/atau air, yang berfungsi sebagai tempat manusia melakukan kegiatannya, baik untuk hunian atau tempat tinggal, keagamaan.

Dari pada itu, penyelenggaraan bangunan gedung perlu diatur dan dibina demi kelangsungan dan peningkatan kehidupan serta penghidupan masyarakat, sekaligus untuk mewujudkan bangunan gedung yang fungsional, andal, berjati diri, serta seimbang, serasi, dan selaras dengan lingkungannya.
 
Sebagaimana Diamanahkan Dalam Pasal 109 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2002 Tentang Bangunan Gedung, Pemerintah Kabupaten Bengkalis Menerbitkan Perda Nomor 4 Tahun 2015 Tentang Bangunan Gedung.
 
Sedangkan Narasumber Sosialisasi Berasal dari Direktorat Bina Bangunan Ditjend Cipta Karya Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakya, peserta sosialisasi Perda nomor 4 tahun 2015 tentang bangunan gedung adalah pejabat/pegawai yang ditunjuk oleh kepala skpd se-Kabupaten Bengkalis sebanyak 50 orang.
 
Sesuai tujuan kegiatan ini, kami berharap, melalui sosialisasi ini, kita semua, lebih-lebih aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat di bidang bangunan gedung, sehingga tujuan dari perda ini dapat tercapai. Adapun tujuan dimaksud, yaitu:
 
Mewujudkan Bangunan Gedung yang Fungsional dan Serasi dengan tata bangunan gedung yang serasi dan selaras dengan lingkungannya,mewujudkan tertib penyelenggaraan bangunan gedung yang menjamin keandalan teknis bangunan gedung dari segi keselmatan, kesehatan, kenyamanan dan kemudaha dan mewujudkan kepastian hukum dalam menyelenggaraan bangunan gedung.
 
Apalagi, salah satu indikator standar pelayanan minimal dalam penyelenggaraan pemerintah daerah di bidang pekerjaan umum adalah jumlah bangunan yang memiliki izin IMB. Bangunan yang memiliki IMB tentu saja adalah bangunan yang telah memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2015.

Baca Juga :
Anggota TNI Yang Hilang di Rohil Akhir nya Ditemukan Sudah Tak Bernyawa 

Disamping itu dan yang tak kalah penting, pengelolaan pengurus imb yang baik, akan mampu memberikan kontribusi pembangunan daerah melalui peningkatan Pendapatan Asli Daerah atau PAD.
 
Diakhir sambutannya Sekretaris Daerah H. Arianto, minta kepada seluruh stakholder terkait dan camat, untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang perda nomor 4 tahun 2015 ini, serta menghimbau mereka untuk proaktif dalam pengurusan imb, sebelum mendirikan bangunan gedung, guna penataan pemukiman yang teratur dan tertata dengan baik. insya allah, apabila kita gencar melakukannya, maka akan semakin banyak bangunan gedung di daerah ini yang memiliki IMB.


R24/yus

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru