riau24 Pedagang Kecil Harus Bersiap Karena Alfamart Akan Buka di Rohul | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Alfamart Rohul

Pedagang Kecil Harus Bersiap Karena Alfamart Akan Buka di Rohul

0
Pedagang Kecil Harus Bersiap Karena Alfamart Akan Buka di Rohul
Berita Riau -  Pedagang Kecil Harus Bersiap Karena Alfamart Akan Buka di Rohul
Rohul, Riau24.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) akan berikan izin kepada perusahaan retail modern Alfamart untuk beroperasi di Rohul. 

Pemberian izin beroperasinya Alfamart di Rohul, dikhawatirkan menimbulkan pro dan kontra dimasyarakat, karena keberadaan retail modern tersebut masih dianggap sebagai pembunuh para pedagang kecil.
 
Untuk mengeliminir terjadinya pro dan kontra di tengah masyarakat, Alfamart melakukan Ekspose dengan Pemkab Rohul, Selasa (23/8/16). 
 
Dalam ekspose terungkap, Alfamart akan membuka 25 gerai, masing-masing  di Kecamatan Ujung Batu 9 titik, Tandun 1 titik, Tambusai 3 titik, Rambah Samo 2 titik, Tambusai Utara 1 titik, Kabun 2 titik, Rambah 5 titik dan Kunto Darusalam 1 titik.  

Baca Juga :
Anggota TNI Yang Hilang di Rohil Akhir nya Ditemukan Sudah Tak Bernyawa 
 
Ekspose yang di fasilitasi Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah (Setda) kabupaten Rohul dihadiri, Dedi Hartono selaku Pimpinan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk dan Kepala Cabang Alfamart Pekanbaru Mulyono, Kepala Badan Pelayanan Terpadu Perizinan Dan Penanaman Modal (BP2TPM) Ridarmanto.S.stp,  Perwakilan Badan Lingkungan Hidup (BLH), Diskoperindag, Kabag Tapem M.Zaky serta Camat yang akan menjadi lokasi dimana Alfamart beroperasi.
 
Saat ekspose, Dedi Hartono selaku Pimpinan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk menjelaskan, bahwa ketertarikan Alfamart untuk memperluas jaringan bisnisnya ke Rohul dikarenakan jumlah penduduk dan pertumbuhan ekonomi di daerah yang cukup baik.
 
Dedi Hartono meyakinkan Pemkab Rohul, bahwa keberadaan Alfamart tidak akan membunuh usaha pedagang kecil seperti yang banyak dikhawatirkan banyak pihak.
 
Melalui beberapa program kemitraan yang bersifat pemberdayaan Dedi Hartono mengklaim bahwa keberadaan Alfamart di rohul justru akan mendorong Retail tradisional bertransformasi menjadi retail modren yang bisa bersaing di perdagangan bebas serta Masyarakat Ekonomi Asean, serta membangkitkan sektor Industri Kecil Menengah.
 
“Disetiap tempat Alfamart berdiri, kami berusaha untuk memberdayakan pedangan tradisional. Nantinya para pedagang tradisional itu akan kami berikan pelatihan bagaimana cara memanagemen toko mulai dari stock persediaan barang hingga keuangan yang professional akan kami ajarkan. Sehingga kita harapkan pengelolaan retail tradisional ini dapat berjalan profesional” ujarnya.

Baca Juga :
Firdaus: Pembangkit Listrik di Tenayan Raya Bulan Ini Direncanakan Beroperasi 
 
Selain keberadaannya yang diklaim bisa meningkatkan usaha retail tradisional, Dedi juga meyakinkan Pemkab Rohul bahwa keberadaan Alfamart juga akan membuka lapangan pekerjaan, yang nantinya akan di prioritaskan dari tenaga kerja lokal.
Sebagai gambaran, saat ini saja alfamart sudah mempekerjakan sebayak 120 ribu karyawan, yang tersebar di 11.700 gerai di 22 provinsi di Indonesia, dan sebagian besarnya merupakan warga tempatan.
 
Sementara itu Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) M.Zaki mengakui bahwa pihaknya kini tengah melakukan kajian terkait permohonan izin prinsip operasional Alfamart di kabupaten Rokan Hulu. 
 
Dalam kajian tersebut Tapem tengah menganalisa, apa dampak dari beroperasinya alafamart ini di tengah masyarakat dan daerah.
Selain itu, pemerintah juga akan mengatur zona gerai alfamart ini sehingga keberadaan Alfamart ini tidak seolah-olah menyaingi retail-retail tradisional serta mini market milik masyarakat yang sudah beroperasi.
 
“Kalau keberadaan Alfamart ini bisa menguntungkan bagi masyarakat dan daerah maka pemerintah akan memberikan izin operasional Alfamart ini. Apalagi sekarang ini kita telah memasuki era MEA dan era perdagangan bebas” ujarnya.
 
Agar tidak terjadi salah pengertian di tengah masyarakat terkait rencana pemberian izin Alfamart di Rohul ini, Zaki berharap para camat selaku perpanjangan tangan Pemkab Rohul di kecamatan, dapat memberikan penjelasan kepada masyarakat, bahwa keberadaan alfamart ini, tidak akan membunuh para pedagang kecil, namun berdampak sebaliknya memicu pertumbuhan ekonomi. 



R24/ags 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru