riau24 PLT Bupati Rohul: Kebakaran Lahan Gambut Sangat Parah | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Kebakaran Hutan Di Riau

PLT Bupati Rohul: Kebakaran Lahan Gambut Sangat Parah

0
PLT Bupati Rohul: Kebakaran Lahan Gambut Sangat Parah
Berita Riau -  PLT Bupati Rohul: Kebakaran Lahan Gambut Sangat Parah
Rohul, Riau24.com - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman‎ bersama Dandim 0313/KPR Letkol Kav. Yudi Prasetio‎, tinjau lokasi kebakaran lahan gambut yang mencapai ratusan hektar di Kecamatan Bonai Darussalam, Selasa (23/8/2016) sore kemarin.

Baca Juga :
Tenaga Honorer Ini Geram Firdaus Tak Tepati Janji Akan Diprioritaskan Jadi PNS 
 
H Sukiman dan Letkol Kav Yudi turun tinjau kebakaran lahan gambut di Bonai Darussalam, karena luasan lahan gambut yang terbakar sudah ratusan hektar.
 
Bahkan disela-sela pantauan ke lokasi kebakaran lahan, Sukiman menyatakan, lahan gambut yang terbakar di sejumlah titik Kecamatan Bonai Darussalam sudah sangat parah, dan perlu perhatian serius penanganan sehingga kebakaran lahan gambut segera padam.
 
“Kebakaran lahan sudah sangat parah, sehingga saya dan Dandim  turun ke lapangan, untuk melihat langsung kondisi lapangan, dan ternyata sudah parah,” tegas Sukiman.
 
Dengan parahnya lahan gambut yang terbakar, Sukiman intruksikan ke BPBD Rohul agar segera memadamkan titik api. Karena kebakaran lahan sudah sangat parah, dan berpotensi timbulkan bencana asap seperti tahun 2015 lalu.

Baca Juga :
Kegiatan dari Proyek Multi Years Mesti Segara Dievaluasi
 
Sukiman berharap, agar masyarakat Rohul tidak lagi membakar saat membuka lahan pertanian. Menurutnya, pembakaran lahan sekecil apa pun, bisa berdampak besar.
 
Bahkan disebutkannya, dirinya sudah bertanya ke pihak PT. APSL, bahwa api yang meludeskan ratusan hektar lahan gambut berasal dari lahan masyarakat.
”Kita tetap mengimbau pihak perusahaan dan masyarakat untuk bekerjasama padamkan api di lahan yang sudah terlanjur terbakar,” imbaunya.
 
Plt Bupati Rohul menyatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan penegak hukum untuk mengusut kebakaran ratusan hektar lahan gambut di Bonai Darussalam. Pasalnya, pelaku Karlahut telah banyak memberikan dampak buruk.

Baca Juga :
Hampir 2 Bulan Tak Digaji, Tenaga Honorer K2 Ramai-Ramai Datangi Kantor Walikota Pekanbaru
 
“Bagi siapa saja yang melakukan pembakaran lahan harus ditindak tegas, baik itu masyarakat atau perusahaan,” pinta Sukiman.
 
Dandim 0313/KPR Letkol Kav. Yudi Prasetio juga menyatakan, pihaknya sudah terjunkan 2 pleton atau 62 personil TNI dari Yonif 132/ Bima Sakti di Salo Bangkinang, Kampar, untuk membantu pemadaman titik api Karlahut di Bonai Darussalam. Selain ikut padamkan titik api, dua pleton prajurit TNI ini akan berpatroli rutin termasuk menangkap pelaku Karlahut.
 
Dimana dalam memadamkan api, personil TNI pakai mesin pompa air yang dipakai untuk pemadaman titik api Karlahut pada 2015 silam. Sebutnya lagi, dirinya sangat kecewa kebakaran lahan yang terjadi di Bonai Darussalam cukup luas. Dirinya mengindikasi ada permasalahan antara perusahaan dengan masyarakat, sehingga terjadi pembakaran.
 
“Tetapi, permasalahan tersebut perlu dilakukan penyelidikan dari pihak Polres Rohul,” kata Yudi lagi.


R24/ags 
 
 
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru