riau24 Tak Ada Listrik di Rumah, Bocah Belajar Ditemaram Lampu Jalan | Berita Riau
Selasa, 06 Desember 2016

Ilmu Pendidikan

Tak Ada Listrik di Rumah, Bocah Belajar Ditemaram Lampu Jalan

0
Tak Ada Listrik di Rumah, Bocah Belajar Ditemaram Lampu Jalan
Berita Riau -  Tak Ada Listrik di Rumah, Bocah Belajar Ditemaram Lampu Jalan

Jakarta, Riau24.com - Tak ada listrik di rumah, tak membuat bocah ini patah semangat dalam mencari ilmu. Meskipun belajar hanya diterangi lampu temaram, namun pepatah carilah ilmu sampai ke Negeri Cina dijadikannya pegangan. Pepatah lama tersebut mengajarkan agar terus belajar menuntut ilmu setinggi-tingginya.

Namun kadang perasaan malas membuat kita enggan melakukan sesuatu terlebih hal yang tidak mereka sukai, seperti belajar.

Baca Juga :
Siap-Siap, BKD Akan Lakukan Sidak Hingga Desember Mendatang 

Kondisi seperti ini memang cukup memprihatinkan dimana seorang anak dengan fasilitas tercukupi namun masih malas belajar. Sementara di luar sana, pelajar dengan segala keterbatasannya masih memiliki semangat untuk mengejar impian.

Seperti yang baru-baru ini terjadi di Filipina. Melalui akun facebooknya, Brian Parantar menceritakan apa yang ia temui pada hari Sabtu malam (20/08/2016).

Dalam perjalanannya menuju Romandiyas di Calinan, kota Davao, Brian bertemu dengan seorang bocah yang belum ia kenal sebelumnya.

Pertemuan dengan bocah tersebut membuat hati Brian terenyuh. Ia mendapati seorang anak kecil membuka bukunya di bawah lampu jalan yang remang-remang.

Bocah yang duduk di bangku kelas 2 Sekolah Dasar itu mengaku tidak dapat membaca di rumah. Lantaran pondok yang ia tinggali bersama keluarganya itu tidak ada listrik, sehingga tidak ada cahaya untuk meneranginya belajar. 

Bocah itu berjongkok di belakang meja kayu. Memasang muka serius. Mata menyorot tajam buku yang dia corat-coret dengan pensil di tangan kanan.

Bukan di kamar belajar. Bukan pula di ruang kelas. Melainkan di pinggir jalan. Di bawah temaram lampu toko yang menjadi penerangan gratis.

Anak dalam foto itu adalah Daniel Cabrera. Bocah berusia 9 tahun asal Filipina yang tengah menggarap pekerjaan rumah yang diberikan guru di sekolah. Bocah itu tengah bekerja keras, menggapai mimpi menjadi dokter atau polisi.

Foto Daniel itu diambil oleh seorang mahasiswi kedokteran, Joyce Torrefranca. Dia sengaja memotret Daniel karena kagum dengan tekad bocah itu, yang mau belajar di tepi jalan. Joyce sengaja mengunggah foto itu ke media sosial untuk memotivasi banyak orang dalam menuntut  ilmu.

Foto Daniel kemudian menjadi viral. Banyak dibincangkan di dunia maya. Tak hanya di Filipina. Pengguna media sosial belahan lain Bumi pun turut kagum dengan kegigihan bocah itu. Belajar di pinggir jalan, menumpang penerangan dari lampu McDonald.

Baca Juga :
Ibu Hamil Tersambar Petir, 4 Orang Tewas 

Bukan hanya soal kegigihan. Kisah hidup anak itu juga membuat haru. Daniel berasal dari keluarga miskin. Tak punya rumah. Hidup menggelandang. "Cerita Daniel lebih sedih dari fotonya," demikian laporan laman Metro.co.uk, sebagaimana dikutip Dream.

Kisah Daniel benar-benar nestapa. Sang bapak wafat saat rumahnya terbakar hebat. Saat ini, dia dipaksa mengemis di jalanan oleh sang ibu. Meski demikian, itu bukan hambatan. Semangat mengejar cita sebagai dokter dan polisi tetap membara di dalam jiwa.

"Sebagai mahasiswa, ini memberikan inspirasi kepada saya untuk bekerja keras. Saya beruntung orangtua saya menyekolahkan saya. Saya kadang-kadang ke kafe untuk belajar, tapi anak ini menyentuh saya," tulis Joyce yang mengunggah foto itu.

Meski dihimpit kesulitan, bukan berarti otak Daniel menjadi kering ilmu. Di sekolah, dia termasuk murid yang berotak cemerlang. Setiap diskusi, tanya jawab, dia aktif menjawab dan berpendapat. 



R24/dev 

Sumber:
dreamcoid
#Tagline News : Riau | Berita Riau | Berita PekanbaruBerita Kampar | Berita Siak | Berita Inhu | Berita Inhil | Berita Bengkalis | Berita Rohil | Berita Meranti | Berita Dumai | Berita Kuansing | Berita Pelalawan | Berita Rohul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam